Ini Perkiraan Cuaca di Wilayah Kaltara Jelang Tahun Baru

benuanta.co.id, TARAKAN – Jelang akhir tahun hingga 31 Desember 2023, perkirakan cuaca di beberapa wilayah di Kalimantan Utara (Kaltara) didominasi oleh cuaca berawan dan berpotensi hujan.

Berdasarkan perkiraan dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) diakhir tahun nanti secara umum wilayah Kaltara akan didominasi dengan cuaca berawan dengan potensi hujan dibeberapa wilayah, khususnya di Kota Tarakan pada dini hari.

Kepala BMKG Tarakan, Sulam Khilmi mengatakan, wilayah lain di Kaltara pada tanggal 30 Desember 2023 seperti wilayah Tanjung Selor, Malinau berpotensi hujan di pagi hari dan di siang hari masih ada potensi hujan di Malinau dan bagian Kaltara bagian barat terutama Nunukan bagian barat. Di wilayah yang sama, Kaltara bagian barat pada malam hari masih ada potensi hujan

Baca Juga :  Gubernur Dukung dan Restui PWI Kaltara Mengikuti Porwanas 2024 di Banjarmasin

“Tanggal 31 Desember cuacanya secara umum berawan hingga berawan baik pagi dan siang hari untuk malam ada potensi hujan dengan intensitas ringan di wilayah Kaltara bagian barat yaitu Nunukan,” ujar Khilmi, Rabu (27/12/2023) .

Di penghujung tahun ini, diperkirakan terjadi hujan sedang hingga lebat di malam hari diperkirakan akan terjadi pada wilayah Kabupaten Malinau dan Kabupaten Tana Tidung (KTT). Tarakan dan Tanjung Selor pada malam hari berpotensi berawan dan dini hari ada potensi hujan diwilayah Tarakan, Tanjung Selor selor dan Nunukan.

Baca Juga :  Dengarkan Aspirasi Nelayan, KNTI Apresiasi Respons Cepat Gubernur Zainal

Terkait tinggi gelombang, ia mengatakan di wilayah Kaltara pada 30-31  Desember secara umum diperkirakan dalam kategori tenang hingga rendah yaitu setinggi 0,1 bervariasi hingga 0,25 meter.

“Pada tanggal 31 masih sama diperkirakan tenang hingga rendah,” ungkapnya.

Khilmi mengatakan perkiraan cuaca dapat berubah sewaktu-waktu karena cuaca bersifat dinamis perubahannya. Cuaca dapat cepat berubah dari baik ke buruk atau sebaliknya. Perkiraan cuaca pun masih bisa berganti. Semakin dekat perkiraan dengan tanggalnya maka semakin akurat pula perkiraan cuaca dari pada perkiraan jauh hari.

Baca Juga :  Gubernur Dukung dan Restui PWI Kaltara Mengikuti Porwanas 2024 di Banjarmasin

“Kami sarankan cek update-nya setiap hari. Kami update tiga hari dari tanggal 29 Desember,” pungkasnya.(*)

Reporter: Sunny Celine

Editor: Ramli

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
2702 votes

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *