Literasi Tidak Hanya Tentang Membaca dan Menulis

benuanta.co.id, TANJUNG SELOR – Saat ini istilah literasi semakin familiar dan bukan menjadi istilah yang baru lagi. Di berbagi bidang kata literasi seolah menjadi parameter meningkatnya kualitas seseorang terutama dalam hal bacaan dan tulisan.

Namun literasi, dikatakan Pelaksana Tugas (plt) Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Kalimantan Utara (Kaltara), Yosua Batara Payangan bukan hanya sekadar baca dan menulis.

“Yah bukan hanya membaca dan dan menulis, literasi saat ini sudah berkembang termasuk literasi sains ada semua. Literasi jaman now,” katanya jumat, (8/12/2023).

Disebutkan Yosua, ada berbagai macam literasi diantaranya literasi baca tulis, literasi numerasi, literasi sains, literasi digital, literasi finansial, literasi budaya dan kewargan. Dari sekian banyaknya model literasi yang ada saat ini, kata Yosua ia sudah pernah membuat perlombaan contohnya seperti lomba vlog yang belum lama ini diselenggarakan dua daerah, dan diikuti oleh anak-anak sekolah dari tingkat SMP maupun masyarakat umum.

“Banyak sekali yang berkaitan tentang literasi ini,” ucapnya.

Pentingnya literasi bagi seseorang tentu berdampak positif terhadap kehidupan sehari-hari yakni. Untuk akses kepengatahu, pembedanya individu, pekerjaan dan pengembangan karir, kemandirian finansial, serta pemecahan masalah.

Dengan pengembangan literasi yang baik, tentunya sebut Yosua, seseorang dapat menjadi peserta aktif dalam masyarakat, mengembangkan diri secara pribadi, dan mengatasi berbagai tantangan kehidupan. (*)

Reporter: Ike Julianti

Editor: Nicky Saputra

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *