Kerja Sama dengan BBVP Makassar Vokasi Pelaku UMKM Bulungan

benuanta.co.id, TANJUNG SELOR – Dinas Perindustrian Perdagangan dan Koperasi (Disperindagkop) Kaltara bersama Balai Besar Pelatihan Vokasi Produktivitas (BBPVP) Kota Makassar menggelar pembukaan pelatihan Vokasional pelaku UMKM.

Pelatihan Vokasi bagi pelaku UMKM di Kabupaten Bulungan ini merupakan pelatihan Vokasi perdana yang dilakukan oleh Pemprov Kaltara bersama BBVP Makassar.

“Provinsi Kaltara sebenarnya bukan wilayah kerja BBVP, namun berkat adanya hubungan baik antara ketua TGUPP Kaltara, Bastian Lumbis dengan kepala BBVP Makassar akhirnya dapat terbantu dengan kegiatan vokasi pelaku UMKM ini,” kata Kepala Disperindagkop Kaltara, Hasriyani, Senin, 4 Desember 2023.

Baca Juga :  Nilai Tukar Petani Perikanan Cenderung Menurun

Ia mengungkapkan ada sekitar 80 peserta yang akan mengikuti kegiatan Vokasi ini. Dimana dari 80 peserta itu nantinya akan dibagi menjadi 4 kelas dengan vokasi yang berbeda sesuai dengan kebutuhan dan keinginan dari para peserta.

“jadi 20 kelas untuk satu pelatihan dan disini ada 4 jenis pelatihan. Ada pelatihan Barista, kecantikan atau tata rias wajah, tata boga dan pengolahan kue dan roti,” ungkapnya.

Baca Juga :  Tahun Ini Pemprov Tambah Kuota Bantuan Pasang Baru Listrik Gratis

Dengan adanya vokasi ini Hariyani berharap akan memberikan dampak positif bagi produktivitas masyarakat dan pelaku UMKM. Dimana hal ini diharapkan dapat mengembangkan usaha dari para pelaku UMKM dan memberikan kesempatan bagi masyarakat dalam memulai UMKM atau bekerja sesuai dengan basic yang didapatkan dari vokasi ini.

“Jadi usai pelatihan para peserta akan mendapatkan sertifikat yang nantinya menjadi dasar bagi mereka untuk dianggap berkompeten dibidangnya,” lanjutnya lagi.

Baca Juga :  Nilai Investasi di Kaltara Selama Tahun 2023 Tercatat Rp 27 Triliun

“Begitu juga dengan pelaku usaha yang kita harapkan dapat mengembangkan kemampuan usahanya. Karena usai vokasi ini nantinya akan ada tindak lanjut dari Disperindagkop Kaltara untuk membantu mereka yang sudah mengikuti vokasi ini,” pungkasnya.(*)

Reporter: Osarade

Editor: Ramli

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *