Jumlah Kunjungan Wisman Meningkat ke Kaltara

benuanta.co.id, TANJUNG SELOR – Berdasarkan catatan Badan Pusat Statistik (BPS) Kalimantan Utara (Kaltara) jumlah kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) melalui pintu keimigrasian di Kabupaten Nunukan (non udara) pada bulan Oktober 2023 terdapat sebanyak 1.591 kunjungan atau mengalami peningkatan sebanyak 2 kunjungan dibandingkan dengan bulan sebelumnya.

Hal itu dikatakan Kepala BPS Kaltara Mas’ud Rifai, sedangkan jumlah kunjungan wisman melalui Kota Tarakan (udara) berjumlah 0 kunjungan atau tidak ada kunjungan pada bulan Oktober 2023.

Baca Juga :  Jokowi Terbitkan Perpres Distribusi Izin Tambang untuk Ormas Keagamaan

Secara keseluruhan sebut Mas’ud sapaan akrabnya, jumlah kunjungan wisman melalui pintu keimigrasian melalui Kabupaten Nunukan (non udara) dan Kota Tarakan (udara) pada bulan Oktober 2023 terdapat sebanyak 1.591 kunjungan atau terjadi peningkatan sebanyak 0,13 persen.

“Secara kumulatif, jumlah wisatawan mancanegara (wisman) yang berkunjung ke Kalimantan Utara melalui pintu keimigrasian pada periode Januari-Oktober 2023 mencapai 17.695 kunjungan,” ucapnya, Ahad (3/12/2023).

Sedangkan jumlah wisatawan mancanegara (wisman) yang berkunjung ke Kaltraberdasarkan Pintu Lintas Batas (PLB) yang tidak tercatat (undocumented) di Pintu Keimigrasian seperti pada pintu-pintu yang tidak resmi ternyata masih banyak, sehingga BPS bekerjasama dengan Kementrian Pariwisata dan Telkomsel untuk melakukan penghitungan dengan menggunakan metode Mobile Position Data (MPD) untuk menghitung jumlah wisman.

Baca Juga :  Pertemuan Sosek Malindo, Peningkatan Kesejahteraan Wilayah Perbatasan Dibahas

Berdasarkan MPD, jumlah wisman yang berkunjung ke Kaltara terdapat sebanyak 33.177 kunjungan atau terjadi penurunan sebesar 8,91 persen dibandingkan bulan sebelumnya.

“Artinya, jumlah kunjungan wisman MPD ke Kaltara pada periode Januari-Oktober 2023 sebanyak 422.371 kunjungan, atau terjadi penurunan sebesar 3,89 persen dibandingkan periode yang sama Tahun 2022 yang tercatat sebanyak 439.478 kunjungan,” pungkasnya.(*)

Baca Juga :  Jokowi Terbitkan Perpres Distribusi Izin Tambang untuk Ormas Keagamaan

Reporter: Ike Julianti

Editor: Ramli

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
2652 votes

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *