Pemetaan Tenaga Ahli Konstruksi untuk Persiapan PSN

benuanta.co.id, BULUNGAN – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Utara (Kaltara) melalui Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang Perumahan dan Kawasan Pemukiman (PUPR Perkim) Provinsi Kaltara melaksanakan pemetaan kebutuhan tenaga ahli konstruksi di Kaltara.

Kepala Dinas PUPR Perkim Kaltara, Helmi melalui Kepala Bidang Bina Jasa Konstruksi, Korsiana mengatakan target pemenuhan tenaga ahli konstruksi tahun 2024 dikhususkan untuk kawasan proyek strategis nasional (PSN).

“Target kita di PSN sesuai kebutuhan di sana, itu tenaga ahli konstruksi pada bidang jalan dan jembatan, teknik bangunan serta K3,” ucap Korsiana.

Baca Juga :  Dinas PUPR Perkim Kaltara Gelar Training Need Assessment di Tiga Kabupaten

Dia menjelaskan jika tahun 2024, di kawasan PSN banyak dilaksanakan pembangunan infrastruktur jalan dan bangunan. Untuk itu, dalam mempersiapkan tenaga ahlinya Dinas PUPR Perkim Kaltara pun melaksanakan dan membuka kelas tenaga ahli konstruksi.

“Karena tahun depan itu ada pembangunan jalan dan bangunan,” paparnya.

Untuk diketahui dalam persaingan global yang semakin terbuka, peran sertifikat sangat penting sebagai bukti otentik standardisasi profesi atas kualifikasi tenaga kerja.

Baca Juga :  Pemprov Kaltara Tingkatkan Tata Kelola Aset Jalan untuk Pendapatan Daerah

Sebagai daerah perbatasan, Provinsi Kaltara berada di posisi yang menantang dimana nantinya akan banyak tenaga profesional dari luar yang dapat masuk ke Indonesia melewati daerah perbatasan.

Oleh karenanya, Provinsi Kaltara memiliki kewajiban besar untuk mencetak tenaga kerja konstruksi yang kompeten dan bersertifikat, dengan harapan agar lebih banyak lagi tenaga kerja konstruksi daerah yang mampu bersaing dengan tenaga kerja dari luar.

Baca Juga :  Pemprov Kaltara Tingkatkan Tata Kelola Aset Jalan untuk Pendapatan Daerah

Tentunya dengan sertifikasi ini posisi lapangan kerja bisa diisi oleh tenaga kerja lokal yang telah bersertifikat dan berkompeten, guna mendukung pembangunan PSN di Kaltara seperti KIHI Mangkupadi dan Tanah Kuning, PLTA Kayan, Kota Baru Mandiri serta mendukung percepatan pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) di Provinsi Kalimantan Timur. (*)

Reporter: Heri Muliadi

Editor: Yogi Wibawa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *