Awasi Lalu Lintas Ternak Kaltim-Kaltara, DPKP Bangun Pos Cek Poin di Batas Bulungan

benuanta.co.id, Bulungan – Upaya memantau pergerakan hewan ternak dari luar khususnya perlintasan darat, Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (DPKP) Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara) membangun pos cek poin lalu lintas ternak perbatasan Kalimantan Timur (Kaltim) dan Kaltara.

Kepala DPKP Kaltara, Heri Rudiyono mengatakan pembangunan cek poin berfungsi sebagai tempat pengawasan lalu lintas hewan ternak dari Kaltim masuk ke Kaltara khususnya Bulungan dan wilayah lainnya.

“Pos ini ada karena kemarin ada PMK (Penyakit Mulut dan Kuku), artinya ternak-ternak yang dari luar daerah itu bisa kita kontrol disini,” ungkap Heri Rudiyono kepada benuanta.co.id,  Sabtu, 21 Oktober 2023.

Baca Juga :  Perekaman e-KTP di Kaltara 98,68 Persen

Anggaran yang digunakan pembangunan pos cek poin lalu lintas ternak ini sebesar Rp 627.819.037,27 berasal dari anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD) Kaltara tahun 2023.

“Kita ingin tahun berapa ekor ayam yang berasal dari Berau, makanya kita bangun cek poin disini,” ucapnya.

Dia menjelaskan jika tidak lama lagi pos cek poin ini digunakan. Paling tidak kata dia, awal tahun 2024 akan difungsikan.

Baca Juga :  Selama Febuari Jumlah Penumpang Angkutan Laut Capai 11.765 Orang

“Kita tinggal pasang air dan listrik baru kita gunakan,” paparnya.

Tak sendiri, penjagaan pos cek poin ini akan melibatkan pihak Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) dan kepolisian serta pihak lainnya.

“Kita akan gabungan untuk mengawasi lalu lintas hewan ternak,” pungkasnya.(*)

Reporter: Heri Muliadi

Editor: Ramli

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *