Wajah Baru Terminal Pelabuhan Malundung, Pelindo Usung Konsep Stasiun

benuanta.co.id, TARAKAN – Wacana melakukan pengembangan terminal penumpang Pelabuhan Malundung Kota Tarakan akan dilakukan pada 2024 mendatang. Pengembangan yang akan dilakukan masih berupa tahap renovasi.

Kondisi terminal yang ada saat ini dikatakan General Manager PT Pelindo IV Regional Tarakan, Rio Dwi Santoso masih terbilang layak. Namun untuk melakukan perbaikan atau penambahan masih harus melihat Rencana Kerja dan Anggaran.

Baca Juga :  Pemkot Bakal Alokasikan Rp 10 Miliar untuk PJU di Tarakan

“Ada proses administrasinya. Kalau biayanya besar ada investasi. Itupun dari kami yang usul dan digodok dipusat untuk menambah servis ya di pelabuhan,” katanya, Jumat (20/10/2023).

Namun, ia tak begitu mendesak direksi pusat untuk mengabulkan usulan dari Pelabuhan Malundung Kota Tarakan lantaran masih terdapat potensi kebutuhan pelabuhan di wilayah lain yang menjadi prioritas.

“Tapi yang kami jamin terminal penumpang itu masih layak sampai nanti. Ini kita mau meningkatkan kualitas layanan saja,” imbuh Rio.

Baca Juga :  Mendung Sejak Pagi, Wilayah Kaltara Masih Berpotensi Terjadi Hujan

Dilanjutkannya, pengusulan pengembangan fasilitas terminal penumpang ini baru akan pihaknya lakukan di tahun depan. Hingga saat ini, pihaknya masih menunggu desain terminal penumpang dan rencana biaya yang akan dikeluarkan nantinya.

“Biasanya masuk di pertengahan tahun nanti,” tambah dia.

Saat ini, kapasitas terminal penumpang Pelabuhan Malundung Kota Tarakan sekitar 1.000 orang. Jika nantinya ada pengembangan, maka akan terdapat penambahan luas terminal penumpang. Diuraikannya, nantinya pihaknya akan mengambil konsep stasiun peninggalan Belanda yang dimodif agar penumpang menjadi nyaman.

Baca Juga :  15 Karhutla Melanda Tarakan, BPBD Sebut Bencana Hidrometeorologi

“Fasilitas sudah cukup. Paling tidak requirement bisa kita penuhi,” tandasnya. (*)

Reporter: Endah Agustina

Editor: Yogi Wibawa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *