Pengurus Pesankan Tidak Gunakan Atribut Pepabri untuk Berpolitik

benuanta.co.id, Bulungan – Ratusan purnawirawan dari TNI Polri berkumpul di Taman Makam Pahlawan (TMP) Telabang Bangsa, guna melakukan ziarah sebagai bentuk penghormatan kepada para pejuang atas jasanya Indonesia dapat merdeka seperti saat ini.

Ketua Dewan Pengurus Cabang (DPC) Persatuan Purnawirawan dan Warakawuri TNI-Polri (PEPABRI) Kabupaten Bulungan, Syukurmanto mengatakan sebagai insan yang beragama maka ada kewajiban untuk melakukan penghormatan kepada para pendahulunya.

“Maknanya kami dari purnawirawan yang notabenenya adalah pensiunan dari TNI Polri menghormati jasa para pahlawan kami untuk mempertahankan NKRI,” ucap Syukurmanto kepada benuanta.co.id, Selasa 12 September 2023.

Dirinya pun meminta kepada para penerus yang masih aktif berdinas ataupun yang akan merintis untuk selalu menghormati jasa para pahlawan, karena dengan pengorbanannya dapat merasa kebebasan dan kemerdekaan seperti saat ini.

“Untuk generasi penerus, hormati para pahlawan beliau inilah pejuang sejati yang mempertahankan kedaulatan dan keutuhan NKRI. Generasi penerus ini punya tanggungjawab yang berat untuk mempertahankan keutuhan agar NKRI tetap langgeng,” paparnya.

Sementara itu, Pembina DPD PEPABRI Kaltara, Oni Aprianur mengatakan, jika Pepabri tidak diperbolehkan untuk berpolitik praktis, pasalnya Pepabri ini adalah wadah bagi purnawirawan dan pensiunan TNI Polri yang bersifat netral.

“Untuk perseorangan dibolehkan dan bebas berpolitik tapi membawa atribut Pepabri tidak boleh. Kami tidak izinkan jika ada partai politik tapi juga membawa nama Pepabri, itu akan ada konsekuensinya,” ujar mantan Komandan Kodim 0903 Tanjung Selor ini.

Larangan ini sendiri sudah menurun dari DPP PEPABRI, jika setiap anggotanya tidak boleh berpolitik yang membawa nama Pepabri.(*)

Reporter: Heri Muliadi

Editor: Ramli

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
2043 votes

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *