Bupati Laura Titip Pesan ke Pengurus Baru Pakuwaja di Nunukan

benuanta.co.d, NUNUKAN – Bupati Nunukan Hj. Asmin Laura Hafid menghadiri pengukuhan pengurus Paguyuban Keluarga Warga Jawa (Pakuwaja) Kabupaten Nunukan di Gedung Akbar Ali Jalan Fatahillah Nunukan, Sabtu, 26 Agustus 2023 malam.

H. Adi Purnomo Putro dikukuhkan sebagai ketua Pakuwaja Kabupaten Nunukan, masa periode 2023-2028.

Bupati Laura mengatakan, yang baru saja di lantik agar menjalankan amanah dan tanggung jawab dengan baik.

Menurut Bupati, menjadi pengurus sebuah organisasi sosial termasuk Pakuwaja artinya harus siap meluangkan waktu, pikiran, dan tenaganya untuk orang banyak. Karena sangat dibutuhkan orang-orang yang mempunyai nafas panjang dan kesabaran yang luar biasa, karena mereka tidak menerima gaji, tapi tanggungjawab yang dipikulnya begitu besar.

Baca Juga :  Masalah Honor, Masyarakat Sebuku Geruduk PT NBS

“Menjadi pengurus paguyuban yang menaungi ribuan orang dengan berbagai latar belakang yang berbeda – beda, ada orang Jawa yang sakit tidak punya sanak saudara, pengurus Pakuwaja harus turun tangan, ada orang Jawa yang dipulangkan dari Malaysia tidak punya biaya untuk pulang kampung, mau tidak mau pengurus harus berusaha membantunya, dan lain sebagainya,” kata Laura.

Baca Juga :  703 Pantarlih se-Kabupaten Nunukan Dilantik Bakal Lakukan Coklit

Ketua Pakuwaja Kabupaten Nunukan, H. Adi Purnomo Putro, menjelaskan ungkapan bahasa Jawa disebutkan “Rukun Agawe Santoso, Crah Agawe Bubrah” yang berarti bahwa rukun membuat kuat sentosa dan bertengkar membuat rusak. Nasehat tersebut mengungkapkan agar menciptakan situasi yang rukun dalam berkehidupan berkeluarga, bertetangga, bermasyarakat ataupun bernegara.

“Kita orang Jawa itu sangat menekankan kehidupan rukun, karena rukun adalah karakteristik ciri orang Jawa, dengan suasana rukun maka akan tercipta kekompakan yang akan berpengaruh pada proses pembangunan khusunya di Kabupaten Nunukan,” jelasnya.

Masyarakat Jawa yang ada di Kabupaten Nunukan sampai saat ini juga turut aktif dalam mengisi pembangunan dalam rangka kemajuan daerah.

Baca Juga :  BPD di Nunukan Kenakan Pakaian Adat saat Penyerahan SK Perpanjangan

“Saya berharap dan berupaya agar kerukunan bisa tetap terpelihara, dan semangat bisa melebur jadi satu “menyawiji” bersama semangatnya pemerintah dalam membangun daerah,” terangnnya. (*)

Reporter: Darmawan

Editor: Yogi Wibawa

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
2115 votes

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *