Tanjung Buyu akan Dibangunkan Jembatan Dimulai dari Tanjung Selor

benuanta.co.id, BULUNGAN – Mempermudah aksesibilitas masyarakat khususnya yang berdomisili terpisah darat dengan Tanjung Selor dan Tanjung Palas seperti Tanjung Buyu.

Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Utara (Kaltara) telah upayakan agar daerah tersebut dapat dijangkau dengan dibangunkan jembatan.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang Perumahan dan Kawasan Pemukiman (PUPR Perkim) Provinsi Kaltara, Ir. Helmi mengatakan wilayah yang terpisah dengan adanya sungai atau wilayah perairan dapat terkoneksi dengan jembatan.

Baca Juga :  DPUPR Kaltara Susun Dokumen Rencana Alokasi Air

“Kita tengah upayakan adanya pembangunan jembatan di beberapa tempat, salah satunya wilayah Sabanar Lama Kecamatan Tanjung Selor dengan wilayah Tanjung Buyu Kecamatan Tanjung Palas,” ujar Helmi.

Lanjutnya, setelah terhubung jembatan dari Tanjung Selor ke Tanjung Buyu diproyeksikan ada jalan menuju ke seberang Desa Salimbatu Kecamatan Tanjung Palas Tengah.

“Di antara Salimbatu juga kita usahakan bangun jembatan juga, sehingga tidak perlu mutar jauh kalau lewat darat dari Tanjung Palas,” ucapnya.

Baca Juga :  SP2FBT Menghindari Sengketa Lahan Tambak

Dia menuturkan anggaran yang digunakan diupayakan berasal dari anggaran pendapatan dan belanja negara (APBN) jika anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD) Kaltara belum tercukupi.

“Ini diupayakan pakai dana pusat yakni dana DAK, makanya kita usulkan ke pusat. Hitungan kita perkirakan sekitar Rp 200 sampai 250 miliar,” sebutnya.

Dalam perencanaannya panjang bentangan jembatan ini mencapai 300 meter, hal ini mengikuti lebar bentangan Sungai Kayan. (*)

Baca Juga :  PUPR-PERKIM Kaltara Studi Potensi Irigasi Tambak di Kaltara

Reporter: Heri Muliadi

Editor: Yogi Wibawa

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
2221 votes

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *