Drainase Tersumbat, Sejumlah Ruas Jalan Digenangi Air Hujan

benuanta.co.id, NUNUKAN – Drainase tersumbat di sejumlah ruas jalan di pusat Kabupaten Nunukan. Menurut Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Nunukan menjadi faktor penyebab air meluap hingga menggenangi sejumlah ruas jalan.

Kasubid Informasi BPBD Nunukan Basir mengatakan, terkait banjir yang mengenangi beberapa ruas jalan di Pulau Nunukan pada Rabu (12/7) malam disebabkan oleh curah hujan yang tinggi dan drainase yang sudah mulai dangkal dan tersumbat.

Baca Juga :  Dua Pelajar Nunukan Ikut Seleksi Paskibra Tingkat Nasional

“Tadi malam kita memang mendapat cukup banyak laporan dari masyarakat, banyak jalan yang banjir karena tergenangi air, tapi saat ini sudah kondusif kembali,” kata Basir kepada benuanta.co.id, Kamis (13/7/2023).

Namun, Basir mengungkapkan jika kondisi ini kiat intens terjadi dalam kurun waktu satu tahun terkahir. Yang mana, meski curah hujan yang turun hanya sekitar tiga hingga lima jam, maka sejumlah ruas jalan seperti jalan TVRI Nunukan, Jalan Lumba-lumba, Jalan Sungai Sembilan akan tergenangi air banjir.

Baca Juga :  BP2MI Minta Negara Bangun Sekolah di Perbatasan

Ia mengatakan, jika kondisi ini tak kunjung ditangani, maka akan mengganggu aktivitas masyarakat di jalan dan bisa berdampak hingga ke rumah warga.

Sehingga, Basir menyampaikan jika dalam waktu dekat ini pihaknya akan memanggil pihak terkait dalam hal ini pihak Dinas PUPR untuk membahas persoalan ini.

“Nanti kita sampaikan ke pimpinan dulu kemudian kita rapatkan dengan instansi terkait, selain itu kita juga meminta kepada warga sekitar untuk memperhatikan kondisi lingkungan sekitar seperti tidak membuang sampah ke parit sebab ini juga menjadi faktor drainase tersumbat,” jelasnya.(*)

Baca Juga :  Banjir Rendam Kebun Warga di Desa Atap

Reporter: Novita A.K

Editor: Ramli

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
1915 votes

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *