Tinjau Lokasi Bersama PUPR, Dispora Kaltara Sebut Luas Bangunan Sport Center 22 Ha

benuanta.co.id, TANJUNG SELOR – Upaya pemerintah provinsi (Pemprov) Kalimantan Utara (Kaltara) menciptakan Sumber Daya Manusia (SDM) unggul dan berprestasi pada sektor olahraga telah dimulai sejak dini.

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kaltara Obed Daniel Lumban Tobing, beberapa hari lalu melakukan peninjauan lokasi rencana pembangunan sport center di Kawasan Kota Baru Mandiri (KBM) Tanjung Selor.

Hal itu pun dilakukannya turut bersama tim Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang Perumahan dan Kawasan Pemukiman (DPUPR) Kaltara.

“Jadi, beberapa hari lalu dinas PU dan juga Dispora serta opd terkait Pemprov Kaltara, bersama-sama meninjau lokasi sport center di KBM. Jadi luasan lokasi yang dijadikan rencana pembangunan Sport Center itu adalah 22 hektare,” ungkapnya, Sabtu (8/7/2023).

Kata Obed, lokasi pembangunan sport center bertempat KBM Tanjung Selor tersebut sudah dialokasikan khusus oleh DPUPR Kaltara.

“Saat ini tim DPUPR Kaltara sedang melakukan pengeboran dan ambil sampel data di beberapa titik pada lokasi tersebut,” ujarnya.

Selain itu, Obed menegaskan pembangunan gedung sport center tersebut pada tahun ini masih tahap perencanaan.

“Untuk tahun ini kita baru membuat perencanaannya saja. Untuk selanjutnya ada beberapa tahapan-tahapan, termasuk sumber pendanaan. Nah kalau hanya mengandalkan APBD Kaltara kan sangat berat,” ucapnya.

Sehingga dengan dasar dokumen perencanaan yang sudah dibuat, menurutnya langkah tepat untuk segera merealisasikan proyek tersebut bakal mencari sumber dana dari APBN.

“Dengan dasar dokumen perencanaan yang sudah kita miliki. Ini menjadi bahan kita untuk mencari pendanaan bersumber dari APBN,” tuturnya.

Tak hanya itu, pihaknya menjelaskan usai seluruh rancangan dokumen anggaran untuk pembangunan sport center sudah terpenuhi.

“Kita mengharapkan ada beberapa output bisa terealisasi. Selain dokumen perencanaan, layout, lalu output bangunan yang akan diwujudkan, di antaranya kan stadion utama, kemudian GOR tertutup, kemudian kolam renang, kemudian gedung graha pemuda itu juga bisa difungsikan kantor KONI untuk menunjang kegiatan lainnya,” bebernya.

Terpisah, menurut Kepala Bidang (Kabid) Olahraga Dispora Kaltara Eka Putra Pramono lokasi pembangunan sport center di KBM sangat strategis.

“Karena sekitaran lokasi lahan rencana pembangunan sport center ada danau kecil yang bisa kita maksimalkan untuk cabor olahraga tambahan,” imbuhnya.

Bahkan pihaknya telah melakukan usulan dengan tim DPUPR Kaltara untuk sekitar lokasi sport center agar dibangun ruang terbuka hijau (RTH).

“Jadi, dasar pembicaraan dengan PU, kita juga ada ruang terbuka hijau yang bisa kita gunakan untuk olahraga yang sifatnya lintas alam, mountain bike yang tidak merusak kontur dari hutan alam yang ada. Jadi semua bisa terintegrasi ke semua satu kawasan,” jelasnya.

Oleh sebab itu, Eka berharap jika seluruh berkas perencanaan pembangunan sport center di KBM Tanjung Selor tersebut dapat terwujud.

“Peran Dispora Kaltara raih dukungan dari Kemenpora RI bisa terwujud untuk rancangan pembangunan sport center tersebut. Karena daerah sudah menyiapkan lahan dan perencanaan serta mengharapkan dukungan dari pusat untuk membangun sport center,” pungkasnya.(*)

Reporter: Georgie Silalahi

Editor: Ramli

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
2115 votes

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *