Bupati Berau Resmikan 11 RLH KAT Pettung Kampung Merancang Ulu 

benuanta.co.id, BERAU – Sebagai salah satu program prioritas Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Berau dalam rangka menyediakan rumah layak huni untuk tingkatkan kesejahteraan masyarakat di Bumi Batiwakkal. Bupati Berau, Sri Juniarsih mengunjungi pemukiman Komunitas Adat Terpencil (KAT) Pettung, Kampung Merancang Ulu, Kecamatan Gunung Tabur.

Dalam kunjungannya ke KAT Pettung Kampung Merancang Ulu, Bupati Berau menyerahkan 11 unit rumah yang dibangun secara bertahap sejak tahun 2018.

Adapun Pembangunan RLH di KAT Pettung ini merupakan bantuan dari PT Berau Coal melalui Program Pengembangan, dan Pemberdayaan Masyarakat (PPM).

“Program pembangunan Rumah Layak Huni (RLH) oleh PT Berau Coal ini sejalan dengan komitmen Pemerintah Kabupaten Berau, dalam upaya pemenuhan bangunan layak huni bagi masyarakat yang kurang mampu. Dan diharapkan, dapat memberikan manfaat dalam rangka mewujudkan kesejahteraan masyarakat,” ungkapnya Jumat (16/6/2023).

Pihaknya juga turut mengapresiasi partisipasi atas langkah yang diambil PT Berau Coal yang memiliki visi melakukan bantuan untuk rakyat bisa lebih sejahtera.

“Gebrakan ini saya harap bisa jadi inspirasi dan dorongan bagi perusahaan lainnya,” tuturnya.

Dikatakan bupati, Pemkab Berau juga memiliki komitmen dalam pemenuhan rumah layak huni bagi masyarakat.

“Artinya, apa yang dilaksanakan perusahaan sejalan dengan program pemerintah daerah.

Ini juga jadi salah satu program prioritas pemkab sebagai bentuk tanggung jawab terhadap pemenuhan rumah layak huni bagi yang membutuhkan,” jelasnya.

Bupati juga menyambut baik langkah yang dilakukan perusahaan dan berharap program ini dapat menginspirasi perusahaan lain melakukan hal serupa agar masyarakat dapat hidup lebih sejahtera.

“Saya berpesan kepada masyarakat KAT Pettung yang telah menerima rumah layak huni ini agar dapat merawat rumah ini dengan sebaiknya,” tuturnya.

Lebih lanjut, bupati perempuan pertama di Bumi Batiwakkal ini menegaskan kepada OPD terkait serta Pemerintah Kecamatan Gunung Tabur dan Kampung Merancang Ulu, untuk terus melakukan pendampingan di berbagai bidang. Mulai dalam hal pemberdayaan masyarakat KAT, pembangunan SDM hingga pemenuhan fasilitas publik.

“Lakukan pendampingan dan pemberdayaan masyarakat sehingga KAT yang ada setara dengan kampung lainnya,” ujarnya.

Terkait air bersih yang sejauh ini belum tersedia di KAT Pettung, dialamatkan Sri Juniarsih akan dikomunikasikan dengan Perumda Air Minum Batiwakkal. Dia pun meminta kepala kampung bersurat untuk pemenuhan air bersih agar bisa segera ditindaklanjuti.

“Saya minta PDAM turun melihat, ketika ada jaringannya, bisa diteruskan. Kalau tidak ada bisa buat jaringan yang baru,” tegasnya.

Terkait sarana pendidikan, menurut bupati perlu kerja sama dengan perusahaan untuk mempertimbangkan fasilitas pendidikan agar dapat terjangkau.

“Saya minta camat untuk turun mendata. Kalau jauh dari permukiman saya rasa bisa ditindaklanjuti,” bebernya.

Terpisah, General Manager Operation Support & Relations menerangkan, Cahyo Andrianto, menjelaskan, PT Berau Coal sebagai mitra pemerintah terus mendukung program-program pemerintah dalam pembangunan nasional.

KAT Pettung, merupakan bagian dari sejarah panjang kearifan lokal Kabupaten Berau, khususnya suku Dayak Punan Basap.

“Melalui Program Pengembangan dan Pemberdayaan Masyarakat (PPM), sejak awal PT Berau Coal telah membersamai masyarakat KAT yang berada di sekitar operasional perusahaan,” ujarnya.

Program-program PPM yang dijalankan bertujuan untuk memenuhi kebutuhan dasar masyarakat, aksesibilitas dan pelayanan sosial dasar bagi warga KAT.

Program pemberdayaan yang dilakukan untuk mencapai tujuan tersebut, yaitu pembangunan rumah layak huni untuk warga KAT Pettung Kampung Merancang Ulu, sehingga kebutuhan dasar berupa tempat tinggal yang layak dapat dirasakan oleh warga dan mendapatkan akses yang lebih dekat dengan fasilitas-fasilitas umum seperti pendidikan dan kesehatan.

“Tentunya program ini merupakan upaya untuk meningkatkan taraf hidup warga KAT, agar pembinaan yang dilakukan dapat lebih efektif, terarah dan berkesinambungan,” terangnya.

Selain menyediakan RLH, PT Berau Coal juga mendukung warga KAT Pettung dalam penyediaan akses pelayanan sosial dasar masyarakat, seperti sarana pendidikan dan kesehatan.

Pihaknya mendukung anak-anak yang berada di KAT Pettung, untuk bisa sekolah dengan membantu proses pendaftarannya, biaya sekolah, dan kelengkapan peralatan sekolah lainnya sehingga anak-anak tersebut dapat tumbuh menjadi generasi masa depan penerus bangsa. Selain itu, di bidang kesehatan juga terdapat bantuan akses masyarakat ke fasilitas kesehatan yang ada.

“Selain itu, untuk menunjang pangan warga KAT, hingga saat ini PT Berau Coal rutin mendukung penyediaan sembako, sehingga dapat memenuhi kebutuhan-kebutuhan dasar masyarakat,” pungkasnya. (*) 

Reporter: Georgie Silalahi

Editor: Nicky Saputra 

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
2874 votes

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *