Pemkab Berau Target 25 Perpustakaan Mampu Raih Akreditasi Berbasis Inklusi Sosial Se-Kaltim

benuanta.co.id, BERAU – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Berau menargetkan sebanyak 25 perpustakaan yang terdiri dari tingkat sekolah hingga kampung di Bumi Batiwakkal mampu meraih akreditasi berbasis inklusi sosial se Kalimantan Timur.

Menurut Asisten III Setkab Berau Maulidiyah, perpustakaan Kabupaten Berau saat ini menjadi yang terbaik dalam melaksanakan program transformasi perpustakaan berbasis inklusi sosial se-Kalimantan Timur

“Tentu, ini kabar yang sangat membahagiakan sekaligus membanggakan, yang menunjukkan konsistensi kita untuk menghadirkan perpustakaan di tengah era digital 4.0. Kita targetkan sebanyak 25 perpustakaan ya mudah-mudahan bisa kita dorong pencapaian akreditasinya,” ungkapnya Selasa (13/6/2023).

Sehingga Maulidiyah berharap ada kerja sama dari seluruh perangkat terkait dalam rangka capaian akreditasi perpustakaan sekolah dan kampung di penjuru sudut Bumi Batiwakkal.

“Saya meyakini, akreditasi yang diperoleh akan menjadi pelecut semangat bersama dalam upaya pembudayaan literasi melalui pemenuhan fasilitas perpustakaan yang representatif dan memadai,” ujarnya.

Salah satunya Maulid ingin ketersediaan buku-buku bacaan cetak maupun elektronik, hingga kualitas para pustakawan di dalam sekolah harus ditingkatkan.

“Kendati demikian, perpustakaan di Kabupaten Berau harus terus berbenah. Bukan sekadar mengejar ketercukupan fasilitas sarana dan prasarana agar sesuai standar nasional, tetapi juga harus tetap mengedepankan layanan yang bermanfaat untuk meningkatkan derajat pengetahuan masyarakat,” ucapnya.

Sebab Pemkab Berau dijelaskannya telah berkomitmen untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia yang cerdas, sejahtera, dan berbudi luhur.

“Karena menyadari bahwa sumber daya manusia adalah aspek penting dan paling utama dalam membangun suatu daerah. Berkaitan dengan upaya peningkatan kualitas perpustakaan di Kabupaten Berau,” tuturnya.

Termasuk mendorong kepada seluruh OPD dan SKPD untuk membangun kesadaran akan pentingnya keberadaan perpustakaan atau pojok baca di kantor masing-masing.

“Untuk itu, saya harapkan, seluruh OPD dan SKPD, baik dinas, badan, kantor kelurahan dan kecamatan agar dapat menyiapkan perpustakaan atau pojok baca, mengingat peran utama kita dalam langkah mencerdaskan kehidupan bangsa,” bebernya.

Kendati demikian, pihaknya juga mengharapkan peran semua OPD terkait untuk bersama-sama mewujudkan perpustakaan Kabupaten Berau yang layak kunjung dan mampu memfasilitasi kebutuhan literasi pembaca. (*)

Reporter: Georgie Silalahi

Editor: Ramli

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *