Thailand Tetap Puncaki Grup B Meski Ditahan Imbang Vietnam

Jakarta – Tim nasional sepak bola Thailand U-22 tetap memuncaki grup B SEA Games Kamboja 2023 meski ditahan imbang oleh timnas Vietnam U-22, 1-1 di Stadion Prince, Phnom Penh, Kamboja, Kamis malam WIB.

Meski dipastikan telah lolos ke babak semifinal baik Thailand maupun Vietnam tampil menyerang guna menyegel puncak klasemen grup B dan tidak bertemu dengan pemuncak klasemen grup A Indonesia.

Hasilnya terbukti pada menit kedua, ketika pemain Thailand Achitpol Keererom menjebol gawang Vietnam. Penyerang akademi klub Jerman Augusburg itu memanfaatkan serangan balik cepat dari umpan tarik yang gagal diantisipasi dengan baik oleh lini belakang Vietnam Duy Cuong Luong. Achitpol yang tinggal berhadapan satu lawan satu dengan kiper Vietnam Van Chuan Quan melepaskan sepakan keras ke pojok kiri gawang dan mengubah skor 1-0.

Baca Juga :  Tambah Jam Terbang Atlet, Cabor Triathlon akan Diikutkan Seleksi SEA Games

Selepas tertinggal Vietnam langsung menguasai permainan dengan menerapkan umpan satu-dua cepat. Namun Thailand menerapkan skema lini pertahanan rendah di area gawang sehingga pemain Vietnam kesulitan melepaskan tembakan ke arah gawang.

Pada menit ke-16 melalui umpan tarik Nguyen Ngoc Thang namun sundulan dari Van Khang Khuat masih menyamping di sisi kanan penjaga gawang Thailand Thirawooth Sraunson.

Tiga menit berselang Van Khang Khuat melepaskan tembakan di luar kotak penalti tapi dapat diantisipasi dengan mudah oleh kiper Thirawooth Sraunson. Hingga jeda babak pertama tidak ada lagi peluang yang dilepaskan oleh kedua tim.

Pada babak kedua, Vietnam langsung berinisiatif menyerang dengan memainkan skema umpan-umpan panjang ke depan memanfaatkan kedua lini sayap mereka yang cepat.

Baca Juga :  Kompany Dikabarkan Selangkah lagi jadi Pelatih Baru Bayern Muenchen

Justru melalui sepakan bola mati Vietnam dapat membuat kesulitan Thailand. Hasilnya tercipta pada menit ke-53 ketika pertahanan Thirawooth gagal mengantisipasi tendangan bebas hingga memberikan ruang bebas kepada Le Quoc Nhat Nam yang memanfaatkan bola liar dan dengan mudah melepaskan sepakan kaki kiri tanpa penjagaan skor imbang 1-1.

Laga berjalan dengan tensi cukup tinggi sehingga dari kedua tim banyak membuat pelanggaran-pelanggaran keras yang berbuah kartu kuning.

Pada menit ke-80 sepakan kaki kiri pemain Vietnam dari luar kotak penalti masih dapat dibendung dengan mudah. Skor imbang 1-1 bertahan hingga akhir laga.

Baca Juga :  Tim SAM Juara Piala Open YAV Championship

Dengan hasil ini Thailand dipastikan menjadi juara grup B setelah mengumpulkan sepuluh poin dari hasil tiga kali menang dan satu kali imbang, unggul produktifitas gol dari Vietnam yang sama-sama mengumpulkan sepuluh poin. Thailand di semifinal bakal ditantang oleh runner-up grup A Myanmar yang sudah memastikan lolos terlebih dahulu. Sementara Vietnam bakal menjamu juara grup A Indonesia yang berhasil menyapu bersih kemenangan di grup A pada Sabtu mendatang (13/5).

 

Sumber : Antara

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
2903 votes

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *