Perbaikan Jembatan Sambaliung Tak Kunjung Dimulai, Ini Respon Wakil Bupati Berau

benuanta.co.id, BERAU – Rencana perbaikan konstruksi jembatan Sambaliung yang merupakan akses utama penghubung aktivitas ekonomi masyarakat antar kecamatan hingga kini belum juga dibenahi.

Wakil Bupati Kabupaten Berau Gamalis pun juga mengungkapkan jembatan Sambaliung merupakan satu-satunya akses penghubung.

“Satu-satunya akses jembatan penghubung ke 6 kecamatan ekonomi masyarakat dan ini ranahnya provinsi kita sudah berulang kali mengimbau supaya segera minta diperbaiki karena posisinya warning,” ucapnya Kamis (4/5/2023).

Lebih lanjut, kata dia, Pemkab Berau saat ini sudah mengimbau kepada masyarakat Bumi Batiwakkal sebagai pengguna jembatan Sambaliung agar memantau perkembangan terkini rencana kapan perbaikan konstruksi tersebut.

“Beberapa kali kami sudah melakukan pemberitahuan kepada masyarakat tentang rencana perbaikan jembatan sambaliung. Tapi provinsi belum melakukan action yang nyata sehingganya kasihan warga kita sudah mempersiapkan diri namun tidak kunjung perbaikan,” tuturnya.

Bahkan pihaknya Pemkab Berau sudah berulang kali berkomunikasi dengan PUPR Provinsi Kalimantan Timur terkait kapan segera terealisasi perbaikan Jembatan Sambaliung.

“Kemarin sudah dijanjikan Februari Maret tapi belum diperbaiki. Kita terus berkomunikasi dengan kawan-kawan PUPR dan selalu mendapat bahasa akan segera sudah dilelang siapa pemenang perbaikan jembatan sambaliung,” bebernya.

Gamalis mengaku bahwa proses lelang telah selesai dan memiliki pemenangnya. Sehingga ia tengah mempertimbangkan untuk mengkaji pembangunan Jembatan Kelay III sebagai alternatif lainnya.

Dikatakannya juga, pengkajian juga terus dilakukan mengingat Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Berau tahun ini mencapai Rp 3,5 triliun. Kendati demikian, dirinya tidak bisa menjamin angka tersebut bisa diterima tahun depan atau justru turun dan kembali di angka Rp 2 triliun.

“Kita boleh saja hari ini APBD Rp 3,5 triliun tapi siapa yang bisa menjamin bisa seterusnya begitu. Bisa jadi tahun depan Rp 4,5 triliun, tapi bisa jadi APBD kita kembali ke Rp 2 triliun,” terangnya.

Sehingga memang perlu ada kajian-kajian mendalam agar APBD Berau tidak turun dan jika bisa meningkat. Agar bisa melanjutkan pembangunan Jembatan Kelay III.

“Perencanaan jembatan itu sebenarnya sudah lama. Tinggal diperkuat sisi pendanaannya saja,” pungkasnya (*)

Reporter: Georgie Silalahi

Editor: Yogi Wibawa

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
2878 votes

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *