Disdikbud Kaltara Siapkan Tiga Sekolah Baru di Kaltara

benuanta.co.id, TARAKAN – Merealisasikan visi misi pendidikan yang bermutu di Kalimantan Utara (Kaltara). Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kaltara berencana membangun 2 sekolah SMA dan SMK di wilayah perbatasan pada tahun ini.

Kepala Disdikbud Kaltara, Teguh Hendry Susanto mengatakan, dua sekolah yang akan di bangun tersebut berada di Kabupaten Nunukan.

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
1576 votes

“Tahun ini kita membangun SMK di Lumbis Ogong sekitar perbatasan satu unit sekolah baru, dan di wilayah Nunukan akan berdiri satu sekolah SMA Negeri 3,” kata Teguh, Selasa (2/5/2023).

Baca Juga :  Buntut Konten, Waria Luna Syantik Diputus Pidana Penjara 10 Bulan

Tak hanya itu, Disdikbud Kaltara berencana menambah satu sekolah baru di Kota Tarakan pada tahun 2024. Bahkan rencana ini sudah ditindaklanjuti dengan adanya pemberian lahan 2 hektare dari Pemerintah Kota (Pemkot) Tarakan di wilayah Juata Laut untuk dibangun SMA Negeri 5.

“Pak Walikota berjanji memberikan satu lahan sekolah baru di daerah Juata Laut. Tentu akan kami ajukan proposal selama dua tahun kalau tidak dibangun akan ditarik tanah itu. Insyaallah, kami bangun tahun depan (2024), artinya sudah menerima siswa baru di tahun itu juga,” terangnya.

Baca Juga :  Gubernur Optimis Realisasi Penggunaan Anggaran Tahun 2024 Lebih Baik dari Sebelumnya 

Perlu diketahui, jumlah keseluruhan SMA dan SMK negeri dan swasta yang ada di Kaltara mencapai 104 sekolah. Di kota Tarakan sendiri terdapat 8 SMA negeri dan 14 SMK swasta.

Sementara itu, Disdikbud Kaltara juga berupaya menambah ruang kelas baru (RBK) di masing-masing sekolah.

“Kalau RKB banyak ada sekitar 60 dan laboratorium di masing-masing sekolah. Kita antisipasi PPDB sudah kita hitung jumlah yang lulus dengan jumlah ruang kelas yang ada” katanya.

Baca Juga :  Dishub Kaltara Laksanakan Kegiatan Inspeksi Keselamatan Kendaraan Bermotor

Diprediksi jumlah kelulusan sekolah negeri dan swasta pada tahun 2023 mencapai 15.000 siswa. Menurut estimasi ruang kelas yang dibangun sudah bisa menampung seluruh siswa. (*)

Reporter: Sunny Celine

Editor: Yogi Wibawa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *