Pemkab Berau Meresmikan Kampung Merancang Ilir Sebagai Desa Digital

benuanta.co.id, BERAU – Wakil Bupati Berau Gamalis meresmikan Kampung Merancang Ilir, Kecamatan Gunung Tabur menjadi desa berbasis digital di Bumi Batiwakkal, pada Kamis (27/4/2023).

Tak hanya itu, pelayanan administrasi kampung Merancang kini mudah diakses hanya melalui internet yaitu mengakses https://merancangilir.gunungtabur.id/.

Wakil Bupati Berau Gamalis turut mengapresiasi atas keseriusan pengurus Kampung Merancang Ilir dalam menciptakan keterbukaan informasi bagi masyarakat.

“Sebab, selain menyediakan informasi dan pelayanan administrasi, website tersebut juga pengelolaan anggaran kampung dibuka secara transparan. Inovasi tersebut pun selaras dengan cita-cita Berau menuju smart city,” ucapnya.

“Kemudian ini berguna bagi masyarakat kampung karena layanan teknologi informasi lebih baik ini juga untuk orang yang ingin mencari informasi akurat soal potensi kekayaan Kampung Merancang Ilir,” tambahnya kepada benuanta.co.id

Terpisah, Kepala Kampung Merancang Ilir, Zulfikar menambahkan pelayanan kampung dapat berlangsung hingga 24 jam.

Bahkan untuk penerbitan surat rekomendasi kampung ataupun pelayanan seperti pembuatan SKTM dapat diterbitkan dengan cepat. Sementara tentang fisiknya, akan diterbitkan esoknya dengan mengambil surat tersebut di kantor kampung.

“Jadi tidak usah mengurus ke kantor dan antre panjang lagi,” ujarnya.

Sebab, menurutnya, dengan SDM yang melek teknologi. Pihak kampung telah menyekolahkan sekitar 20 pelajar SMP dan SMA untuk menimba ilmu hingga ke sekolah tinggi.

“Dengan harapan, lima tahun mendatang dapat datang kembali ke Merancang Ilir dan turut serta dalam pembangunan kampung.  Sebab kami butuh SDM yang mumpuni. Semoga anak-anak dari kampung kami yang sekolahnya tinggi, bisa balik lagi ke kampung untuk bangun Merancang Ilir,” pungkasnya. (adv)

Reporter: Georgie Silalahi

Editor: Yogi Wibawa

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
2854 votes

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *