Usai Libur Lebaran, Pj Sekda Berau Sidak Sejumlah OPD dan Unit Pelayanan Kesehatan

benuanta.co.id, BERAU – Cuti bersama dan libur hari raya Idul Fitri selama satu minggu lamanya telah selesai, untuk memastikan pelayanan umum kepada masyarakat kembali normal seperti semula Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Berau melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke beberapa organisasi perangkat daerah (OPD) dan pelayanan kesehatan.

Sidak ini dilakukan Bupati Berau Sri Juniarsih yang kali ini diwakili PJ Sekretaris Daerah (Sekda) Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Berau Agus Wahyudi Rabu (26/4/2023) pagi.

“Lalu kalau ada ASN yang tidak hadir, mereka ada yang mengajukan cuti. Lalu kehadiran kami datang ke OPD untuk memastikan bahwa pelayanan berlangsung dengan baik setelah cuti libur bersama,” ucapnya Rabu (26/4/2023).

Baca Juga :  Dinkes Berau Kejar Status BLUD untuk 21 Puskesmas

Pihaknya menjelaskan persoalan masih ada ditemukan Aparatur Sipil Negara (ASN) Pemkab Berau tidak hadir datang kerja pada hari pertama kerja karena baru mengambil jatah cuti bersama.

“Cuti memang bisa diberikan ada aturannya sebelum atau sesudah cuti bersama masih bisa mereka ajukan,” ujarnya.

Namun bila ada ditemukan ASN Pemkab Berau bekerja pada OPD lalu tidak hadir tanpa keterangan, pihaknya menyerahkan keputusan akhir di kepala dinas terkait.

Baca Juga :  RS Pratama Talisayan Kesulitan Dokter Spesialis, Begini Kata Gamalis

“Kita serahkan keputusan akhir kepada kepala opd-nya. Karena begini kalau misalnya tanpa keterangan atau satu hari tidak ada ya pelanggaran tapi kategorinya bukan pelanggaran berat kita serahkan kepada pimpinannya beri pembinaan,” tuturnya.

Bahkan kata dia, sebelum mengambil cuti bersama Pemkab Berau telah mengeluarkan surat edaran imbauan kepada para ASN yang bekerja pada OPD terkait.

“Di grup kepala-kepala OPD tolong yang tidak ada keterangan dipanggil dimintai keterangan apa masalahnya kan seperti itu. Intinya kita berkomitmen pelayanan harus tetap lanjut diberikan kepada masyarakat setelah libur panjang,” bebernya.

Baca Juga :  Job Fair di Berau, Perusahaan Tambang dan Sawit Buka Loker

Sehingga satu sisi, Agus menegaskan pelayanan pada hari pertama kerja usai libur panjang harus dilakukan dengan maksimal.

“Beberapa kantor pelayanan yang kita kunjungi pertama ke Bapenda, DPMPTSP, rumah sakit dan Puskesmas sudah melayani masyarakat dengan baik,” pungkasnya. (*)

Reporter: Georgie Silalahi

Editor: Yogi Wibawa

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
2115 votes

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *