Pansus IV Bahas Pembentukan Badan Riset dan Inovasi Daerah Kaltara

benuanta.co.id, BULUNGAN – Salah satu tugas dari Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) adalah melakukan pembentukan peraturan daerah. Hal inilah yang tengah dilaksanakan DPRD Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara) melalui panitia khusus (Pansus) IV melakukan Pembentukan Badan Riset dan Inovasi Daerah (BRIDA) yang selama ini belum ada.

Pansus IV yang diketuai oleh Norhayati Andris bersama Wakil Ketua Pansus IV Markus Sakke dan anggota Pansus IV Khusnul Yakin melaksanakan rapat kerja di Provinsi Bali di mana provinsi telah memiliki BRIDA. Rapat kerja ini terlaksana pada hari Kamis 6 April 2023 di ruang rapat BRIDA Provinsi Bali.

Dalam rapat itu turut melibatkan perwakilan organisasi perangkat daerah (OPD) Provinsi Kaltara di antaranya Bappeda Litbang, Biro Hukum, Biro Organisasi dan ahli pakar Dr. Marthen B Salinding.

“Kami telah melaksanakan rapat kerja bersama BRIDA Provinsi Bali membahas tentang pembentukan BRIDA di Kalimantan Utara,” ucapnya kepada benuanta.co.id, Rabu, 12 April 2023.

Baca Juga :  Calo Tiket Berkeliaran, Komisi III DPRD Kaltara Bakal Cek Langsung ke Lapangan

Politisi Partai Demokrasi Indonesia (PDI) Perjuangan ini mengatakan tujuan dari rapat ini adalah ingin melakukan studi referensi pembentukan BRIDA Provinsi Kalimantan Utara

“Yang di mana BRIDA saat ini berfungsi sebagai manajerial dalam riset untuk daerah,” paparnya.

Dia menambahkan berbagai problematika yang dihadapi oleh Bappeda dan Litbang Kaltara selama ini terkait dengan pendanaan dan pemanfaatan hasil riset. Banyak hasil hasil kajian yang tidak dapat dijadikan dasar dalam mengambil kebijakan pemerintah daerah. Selain itu, Bappeda dan Litbang Kaltara juga belum memiliki tenaga riset.

Baca Juga :  Calo Tiket Berkeliaran, Komisi III DPRD Kaltara Bakal Cek Langsung ke Lapangan

“Dengan dilakukannya studi referensi ini oleh Pansus IV Kaltara ke Brida Bali, berharap nantinya BRIDA Kaltara dapat segera terbentuk, sehingga setiap program riset nantinya bisa melalui satu pintu yakni BRIDA Kaltara,” pungkasnya.(*)

Reporter: Heri Muliadi

Editor: Ramli

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *