Merespons Keluhan Warga, Bupati Instruksikan Pihak Ketiga Perbaiki Jalan Siduung Indah

benuanta.co.id, BERAU – Jalan poros menuju Kampung Siduung Indah di Kecamatan Segah, dikeluhkan warga karena kondisinya yang rusak.

Sementara status kawasan di pedalaman Bumi Batiwakkal itu merupakan kawasan budidaya kehutanan (KBK) yang membatasi kewenangan bagi pemerintah daerah untuk melakukan penanganan melalui anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD) Kabupaten Berau.

Meskipun tidak bisa melakukan tindakan dengan menganggarkan di APBD. Bupati Berau, Sri Juniarsih Mas pun merespon keluhan tersebut dengan langsung menghubungi pihak ketiga yang beroperasi di wilayah Kecamatan Segah.

Salah satunya PT Hutan Sanggam Labanan Lestari (HSLL) perusahaan daerah yang diintruksikan untuk dapat bergerak cepat membantu memperbaiki badan jalan yang dikeluhkan masyarakat Siduung Indah.

Baca Juga :  Bupati Ingin Maratua Ada Air Bersih dan Tahun Ini Proyek Embung Bisa Terealisasi

Keterlibatan pihak ketiga menjadi solusi cepat untuk bisa membantu masyarakat. Tidak hanya PT HSLL, bupati juga meminta perusahaan lain yang beroperasi di sekitar Siduung Indah untuk turut berkontribusi.

“Saya sudah hubungi langsung perusahaan, saya instruksikan untuk membantu perbaikan,” ungkapnya Selasa (4/4/2023).

Pemkab Berau dijelaskannya memiliki keterbatasan kewenangan dalam pemanfaatan di KBK, termasuk mengalokasikan anggaran pembangunan, karena kewenangan berada langsung di Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK).

Meski demikian, Pemkab tidak tinggal diam. Berbagai upaya terus dilakukan. Termasuk mengajukan pinjam pakai kawasan untuk membangun badan jalan, sehingga anggaran daerah bisa dikucurkan untuk membangun jalan poros kampung yang ada di KBK.

Baca Juga :  Job Fair di Berau, Perusahaan Tambang dan Sawit Buka Loker

“Kendala kita jalan ini di KBK jadi tidak bisa langsung dianggarkan, harus berproses hingga ke kementerian LHK. Kami terus berupaya,” jelasnya.

Terkait jalan di KBK disampaikan Sri Juniarsih bukan hanya di Siduung Indah. Beberapa kampung khususnya yang berada di wilayah pedalaman, jalannya melalui KBK, sehingga tidak bisa langsung disentuh APBD.

Untuk itu, bupati berharap dukungan dari pihak ketiga untuk bersama sama pemerintah dan masyarakat kampung membangun dan merawat jalan poros di kawasannya.

“Kami akan terus berupaya bagaimana akses ke seluruh kampung di wilayah pedalaman Berau ini akan bisa ditingkatkan dan memberikan kenyamanan kepada masyarakat,” tandasnya

Baca Juga :  190 Anak Ikut Khitanan Massal, Bupati Berau Harap Jadi Agenda Rutin

Terpisah, Direktur PT HSLL, Roby Maula, melalui Humas, Anwar, mengakui telah menindaklanjuti instruksi Bupati Berau dengan segera melakukan perbaikan menggunakan alat berat yang didatangkan dari km 35 Sei Medang.

Perbaikan sudah berjalan dan ditarget selesai dalam beberapa hari ke depan. “Saat ini sudah mulai dikerjakan, semoga cuaca mendukung Kita akan upayakan segera selesai, sesuai dengan arahan dari ibu bupati,” pungkasnya.(*)

Reporter: Georgie Silalahi

Editor: Ramli

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
2115 votes

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *