Ini Sederet Penghargaan yang Diterima Pemprov Kalimantan Utara

benuanta.co.id, BULUNGAN – Penghargaan demi penghargaan didapatkan Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara), hal itu dikarenakan hasil kerja keras semua pihak sehingga provinsi yang berada di urutan 34 ini terus diganjar penghargaan oleh pemerintah pusat.

Gubernur Kaltara Zainal Arifin Paliwang mengatakan Kaltara sudah saatnya berbangga dan merasa sejajar dengan provinsi yang lebih dulu ada. Provinsi Kaltara saat ini sudah tidak dapat dipandang sebelah mata atas capaian prestasinya selama ini.

“Kita patut bersyukur, di tahun 2022 karena puluhan penghargaan untuk Kalimantan Utara. Memang Kaltara ini bukan kaleng-kaleng, ini atas kerja keras kita semua,” ucap Gubernur Zainal kepada benuanta.co.id, Selasa 28 Maret 2023.

“Untuk Kaltara bukan kaleng-kaleng, kita pastikan selalu mendapatkan penghargaan. Walaupun urutan ke 34, tapi tidak pernah rangking 34 selalu masuk di 5 besar hingga 10 besar,” tambahnya.

Baca Juga :  Sekprov Hadiri Peluncuran Kolaborasi Regsosek

Atas capaian tersebut, Pemprov Kaltara akan terus menjaganya sehingga kedepannya mendapatkan hal yang sama, untuk itu pihaknya meminta semua organisasi perangkat daerah (OPD) meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.

“Semoga Allah Subhanahu Wataala senantiasa memberikan rahmat, taufik dan hidayah-Nya kepada kita semua. Terutama untuk kemandirian, keamanan dan kedamaian dalam mewujudkan Kaltara yang berubah maju dan sejahtera,” harapnya.

Adapun penghargaan yang diterima Pemprov Kaltara yakni mencapai cakupan semesta jaminan kesehatan atau Universal Health Coverage (UHC) pada 1 Februari 2023. Tercatat ada 695.269 jiwa penduduk telah terdaftar Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) dari total jumlah penduduk 709.620 jiwa atau sebesar 97.89 persen.

Baca Juga :  Kolaborasi KPwBI dan Pemprov Kaltara dalam Pengendalian Inflasi

“Itu artinya hampir seluruh warga di Kaltara telah memiliki payung perlindungan untuk mengakses layanan di fasilitas kesehatan. Kita masuk 22 provinsi terwujudnya UHC,” paparnya.

Selanjutnya, untuk pendapatan asli daerah (PAD),  Provinsi Kaltara memperoleh peringkat pertama dengan realisasi peningkatan PAD di Indonesia. Sehingga Kaltara diganjar penghargaan berupa APBD Award 2023 yang diselenggarakan Kementerian Dalam Negeri.

“Kaltara menduduki peringkat pertama disusul Provinsi Kepulauan Riau, Kalimantan Barat, Bali dan Kalimantan Timur,” terangnya.

Kemudian pada sisi penanganan pandemi Covid-19, Provinsi Kaltara meraih penghargaan dari pemerintah pusat, karena telah mendukung dan berkontribusi terhadap penanganan Covid-19. Dimana Kaltara dinobatkan sebagai Provinsi Berkinerja Terbaik Kedua dalam Penanganan Covid-19 Wilayah Kalimantan.

“Bapak Presiden Joko Widodo juga memberikan penghargaan kepada 3 Puskesmas dengan pengelolaan vaksinasi Covid-19 terbaik yaitu Puskesmas Gunung Lingkas, Puskesmas Nunukan dan Puskesmas Tanjung Selor,” sebutnya.

Baca Juga :  Pelaksanaan SOA Tetap Berjalan

Adapun laboratorium dengan Performa Pemeriksaan Covid-19 Terbaik di Kaltara diraih Laboratorium RSUD Jusuf SK Tarakan, Laboratorium BSL2 Dinas Kesehatan Kaltara dan Laboratorium Kota Tarakan.

Dia menambahkan, untuk penerapan standar pelayanan minimal (SPM) tahun 2022, Provinsi Kaltara juga kembali meraih penghargaan, berupa penghargaan sebagai Provinsi Berkinerja Terbaik Pelaksanaan Penerapan SPM. (*)

Reporter: Heri Muliadi

Editor: Yogi Wibawa

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
2035 votes

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *