Belasan Jemaah Luka-luka Ambruknya Kubah Masjid di Makassar, Ini Kata MUI Sulsel

benuanta.co.id, Makassar – Setidaknya belasan warga yang menjadi korban luka atas ambruknya Kubah Masjid Ittifaqul Jamaah di Jalan Barukang, Kota Makassar, ketika salat tarawih hendak berlangsung pada Ahad malam, (26/3/2023) sekitar pukul 20.00 Wita.

Informasi dihimpun ada 14 warga yang menjadi korban luka ambruknya kubah masjid diperkirakan berumur puluhan tahun itu. Namun tahukah Anda, jamaah yang mendapat musibah di masjid ketika menunggu waktu shalat mendapatkan sejumlah keutamaan di sisi Allah SWT, apalagi peristiwa itu terjadi di bulan Ramadan.

Sekretaris Komisi Fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI) Sulsel Dr KH Syamsul Bahri Abd Hamid Lc MA menilai, musibah robohnya kubah masjid menimpa jamaah ketika sedang mendengarkan ceramah tarawih dan menunggu waktu shalat telah mendapat jaminan pahala dari Allah SWT.

“Orang yang terkena musibah dalam masjid merupakan orang dalam tanggung jawab Allah SWT, karena telah didoakan oleh para malaikat,” kata KH Syamsul Bahri melalui keterangannya yang dikutip, Selasa, 28 Maret 2023.

Itu sebagaimana hadis Rasulullah SAW: “Orang yang menunggu shalat di masjid akan diberi pahala seperti shalat.” (HR. Bukhari).

Selain pahala, malaikat juga senantiasa mendoakan orang yang senantiasa duduk di masjid menunggu waktu shalat berdasarkan riwayat Imam Muslim dari Abu Hurairah RA, sesungguhnya Rasulullah SAW bersabda:

أَحَدُكُمْ مَا قَعَدَ يَنْتَظِرُ الصَّلاَةَ فِيْ صَلاَةٍ مَا لَمْ يُحْدِثْ تَدْعُوْ لَهُ الْمَلاَئِكَةُ :اَللَّهُمَّ اغْفِرْ لَهُ اَللَّهُمَّ ارْحَمْهُ.”

“Tidaklah seseorang di antara kalian duduk menunggu sholat, selama ia berada dalam keadaan suci, melainkan para Malaikat akan mendo’akannya: ‘Ya Allah, ampunilah ia. Ya Allah, sayangilah ia.’” ( HR Muslim ).

Di sisi lain KH Syamsul Bahri mengamini korban luka atas ambruknya kubah Masjid tersebut segera mendapat kesembuhan dan bisa kembali menjalankan ibadah di bulan suci Ramadan 1444 Hijriah.

” Dan Alhamdulillah Musibah ini tidak memakan korban jiwa karena malaikat senantiasa mendoakan mereka yang ada di masjid. Semoga musibah ini akan menaikan drajat dan pahala mereka, karena termasuk orang dalam tanggung jawab Allah, “ tukasnya.(*)

Penulis: Akbar
Editor: Ramli

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
2854 votes

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *