Rute Tarakan – Tawau Dibuka Kembali April Ini

benuanta.co.id, Tarakan – Rute penyeberangan laut Tarakan-Tawau disinyalir akan mulai dibuka pada pertengahan April 2023 mendatang. Melalui Pelabuhan Malundung yang saat ini sebagai pelabuhan internasional, kapal untuk rute tersebut masih dalam tahap docking.

General Manager Pelindo Regional Tarakan, Rio Dwi Santoso menjelaskan pihaknya masih menunggu proses docking selesai untuk kemudian mengurus proses administrasi.

“Nanti kalau sudah selesai kami uji coba di Malundung dulu lah ya. Dengan fasilitas yang ada mudah-mudahan masih representatif untuk penumpang khusus Tawau ini,” jelasnya, Selasa (21/3/2023).

Pihaknya pun masih menunggu dari pihak operator yakni Indomaya yang menginformasikan menyoal docking kapal rute Tawau. Diketahui, rute ini sebelumnya dibuka namun saat Covid 19 melanda alhasil dermaga mangkrak karena tak digunakan 2 tahun lamanya.

“Mungkin dermaganya tidak digunakan sudah 2 tahun. Terus bahannya dari besi mengalami beberapa korosi. Setelah kami asesmen jadi kami nyatakan tidak layak untuk naik turun penumpang,” sambungnya.

Rio melanjutkan, pada tahun ini pihak akan mengusulkan pembangunan dermaga untuk rute Tawau agar lebih baik lagi. Kendati armada yang digunakan hanya satu dari pihak Indomaya. Dalam penyediaan kembali rute Tawau ini ia juga mengharapkan permintaan dari masyarakat dapat meningkat. Mengingat, selama tak melayani rute tujuan Tawau lagi, masyarakat beralih ke tujuan Nunukan untuk dapat melakukan penyeberangan ke Tawau.

“Kalau permintaannya memang tinggi untuk Tawau ini. Jadi masyarakat melalui Walikota maupun DPRD Provinsi yang datang ke lapangan dua kali untuk meninjau kesiapan lah. Kita sampaikan update terakhir ke dewan itu ya pertengahan April,” bebernya.

Rio mengatakan untuk titik naik dan turunnya penumpang di dermaga tujuan Tawau tak jauh dari dermaga yang biasa digunakan kapal milik PT. Pelni saat bersandar.

“Di sisi barat itu. Kalau jadwal kita sesuaikan kembali dari operator. Mau dua hari sekali trip atau berapa kali, kami siap saja. Kita sesuaikan dengan kapal lain seperti Pelni. Kapan sandar jam berapa itu sudah ada daftarnya,” bebernya.

Sebagai informasi tambahan, rute Tarakan-Tawau ini juga sangat cocok di terapkan. Mengingat Pelabuhan Malundung sebagai pelabuhan internasional yang melayani perdagangan luar negeri. (*)

Reporter: Endah Agustina

Editor: Nicky Saputra

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
2042 votes

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *