Dirjen Badilum Mahkamah Agung Tinjau Lokasi Lahan Pembangunan Pengadilan Tinggi di KBM 

benuanta.co.id, TANJUNG SELOR – Berlokasi di area Kota Baru Mandiri (KBM) Kilometer 2 Tanjung Selor, Direktur Jenderal (Dirjen) Badan Peradilan Umum (Badilum) Mahkamah Agung, Bambang Myanto bersama Ketua Pengadilan Tinggi (PT) Kaltara, Fredrik Willem Saija melaksanakan peninjauan lokasi lahan pembangunan kantor PT pada Kamis, 16 Maret 2023.

Dirjen Badilum Mahkamah Agung, Bambang Myanto mengatakan titik lokasi peninjauan lahan tersebut rencana akan dihibahkan dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Utara (Kaltara) untuk PT.

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
1987 votes

“Hari ini saya meninjau lokasi lahan yang rencana dihibahkan ke kami oleh pemerintah provinsi untuk pembangunan kantor pengadilan tinggi Kalimantan Utara yang baru,” ucapnya Kamis (16/3/2023).

Baca Juga :  Alat Tangkap Mini Trawl, DKP Kaltara: Sesuaikan Zona Penangkapan

Kata dia, kegiatan hari ini hanya dilakukan peninjauan dan akan ada pembahasan lebih lanjut.

“Terkait apa kita bisa membangun di sini. Karena kan kalau Pengadilan Tinggi ini. Pada intinya kan juga memberikan pelayanan kepada masyarakat. Artinya akses masyarakat untuk mendapatkan pelayanan itu juga tidak terkendala. Nanti usai kita lihat, baru kita akan bahas,” ungkapnya.

Baca Juga :  Jelang Pilkada, Kabinda Kaltara Beberkan Potensi Besar Hoaks

Diungkapkannya, ada rasa optimis rencana pembangunan gedung barhu PT di KBM bisa dapat terwujud.

“Yang sebelumnya ini kita hanya menempati di dalam ruko. Rencana nantinya akan segera bangun tahun ini dan mudah-mudahan koordinasi kita dengan pemerintah provinsi bisa menemukan solusi bagaimana proses pembangunannya,” ujarnya.

Sebagai informasi, dijelaskannya pembangunan PT baru di KBM memiliki luas 24.000 dan terbagi dua yaitu untuk pengadilan tinggi dan pengadilan tinggi agama.

Terpisah, Ketua PT Kaltara, Fredrik Willem Saija menjelaskan rencana pembangunan PT di KBM tahun depan.

“Ini masih berproses di pusat. Kan masih mereka rapatkan lagi di biro perlengkapan perencanaan supaya matang. Nanti kalau sudah fix. Nanti dikabarin ke kami. Kami di daerah bertugas menyiapkan lahan segala sesuatu terkait PT baru. Ini pun kepastian juga menunggu dari pusat jadi masih dalam proses,” imbuhnya.

Baca Juga :  Persetujuan Pembentukan Pengadilan PHI dan Tipikor Kaltara Agustus Ini?

Diprakirakan 2-3 bulan kemudian, pihaknya mengatakan ada kepastian hukum terbaru dari pemerintah pusat terkait rencana pembangunan gedung baru PT di KBM.

“Rencana bangun itu tahun depan 2024. Jadi ini masih berproses mudah-mudahan tahun depan sudah bisa dibangun,” pungkasnya. (*)

Reporter: Georgie Silalahi

Editor: Nicky Saputra

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *