Pj Gubernur Sulsel Diharapkan Diisi Putra Daerah

benuanta.co.id, SULSEL – Anggota DPRD Sulsel dari fraksi Partai Amanat Nasional (PAN), Usman Lonta berharap Penjabat (Pj) Gubernur Sulawesi Selatan diisi putra daerah, bukan pendatang.

Dengan harapan bisa mengetahui persoalan di Sulsel, serta mampu membangun hubungan yang baik antara eksekutif dan legislatif.

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
1926 votes

“Pasti kita harapkan orang di sini, tapi memenuhi syarat administrasi. Kalau ada ASN Pemprov memenuhi sebaiknya orang di sini,” kata Usman Lonta kepada awak media dikutip, Sabtu, 11 Maret 2023.

Wakil Ketua DPW PAN Sulsel ini menyebutkan, penggodokan Pj dilakukan di DPRD, namun penetapan merupakan ranah Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri). Nanti DPRD Sulsel mengusulkan tiga nama yang telah dicantumkan dalam tata tertib dewan.

“Sebenarnya kalau pandangan saya, semestinya dipilih di DPRD karena sudah punya pertanggungjawaban publik yang lebih luas, yang namanya ditunjuk itu besok – besok bisa diganti. Tapi pejabat yang dipilih itu susah diganti,” ujar Usman.

“Jadi tentu harapan kita di DPRD siapa yang diusulkan diharapkan jadi, tapi kan mekanisme di Kemendagri lain juga,” tukasnya.

Diketahui pengusulan pengganti Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman yang masa jabatannya tersisa tujuh bulan lagi, berakhir pada 5 September 2023. Nama penggantinya akan diusulkan DPRD Sulsel ke Kemendagri pada Juni 2023.

Sebelumnya Anggota DPRD Sulsel dari fraksi Golkar, Arfandi Idris menyebutkan, meski pihaknya bisa mengusulkan nama calon penjabat Gubernur, namun penentuan ada di tangan Kemendagri.

“Kita di DPRD punya hak mengusulkan calon penjabat Gubernur, itu juga berdasarkan Pangkat dan Golongan ASN,” jelasnya sembari menambahkan, kriteria calon penjabat Gubernur bisa kalangan TNI-Polri sepanjang memenuhi syarat perundang-undangan.(*)

Reporter: Akbar

Editor: Ramli

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *