Tekan Inflasi Jelang Ramadan, TPID Kota Tarakan Gelar Pasar Murah

benuanta.co.id, TARAKAN – Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Kota Tarakan dalam mengendalikan inflasi jelang ramadan menggelar operasi pasar murah di halaman Masjid Al-Marif pada Selasa, 7 Maret 2023.

Salah satu anggota TPID Tarakan dari Bank Indonesia (BI) perwakilan Kalimantan Utara, Bambang Irwanto selaku Deputi Kepala Perwakilan BI Kalimantan Utara mengatakan, jika TPID akan terus bersinergi dalam menjaga pengendalian inflasi.

Pihaknya juga selalu rutin melakukan rapat koordinasi bersama TPID lainnya untuk terus memantau pergerakan harga barang guna mengambil langkah strategis seperti pengadaan pasar murah kali ini.

Baca Juga :  PAC LDII Tarakan Potong 41 Ekor Sapi 

“Melalui pengadaan pasar murah ini, TPID berharap dapat menjaga ketersediaan pasokan bahan-bahan pokok, dan stabilitas harga tetaplah terjaga.” ucap Bambang.

Bambang Irwanto juga menjelaskan jika kebijakan pasar murah ini merupakan langkah strategi keterjangkauan harga, ketersediaan suplai, komunikasi efektif dan kelancaran distribusi (4K). Di mana strategi 4K merupakan arahan dari pemerintah pusat.

Ia juga menambahkan jika pengendalian inflasi kota Tarakan juga cukup baik, karena lebih rendah dari angka nasional, dan menjadi kota inflasi nomor 5 terendah se-Indonesia di tahun 2022 kemarin.

“Semoga di tahun 2023 ini Kota Tarakan bisa tetap menjaga inflasinya sesuai dengan target yang telah ditetapkan oleh BI dan pemerintah,” ungkapnya.

Baca Juga :  Media Benuanta Kurban 1 Ekor Sapi ke Masjid An-Nahl, Dirut: Semoga Bermanfaat bagi Masyarakat

Selain itu, Kepala Dinas KUMP Tarakan Untung Prayitno menambahkan, pasar murah akan dilaksanakan di setiap kelurahan dari 4 kecamatan yang ada di Kota Tarakan.

Dan pasar murah ini nantinya juga akan dilaksanakan 2 minggu sebelum idul fitri guna mengantisipasi lonjakan harga akibat meningkatnya kebutuhan.

“Jadi kita lakukan pasar murah di seluruh wilayah Tarakan guna memastikan pemerataan dan di pertengahan bulan ramadan, pasar murah akan diadakan lagi karena biasanya menjelang idul fitri kebutuhan masyarakat dipastikan meningkat,” pungkasnya.(*)

Baca Juga :  TIPD Kota Tarakan Bakal Lakukan Monev ke Pasar Pasca Iduladha 1445 H

Daftar Harga Pasar Murah di Halaman Masjid Al Maarif:

Beras Kita Medium 10KG : Rp96.000
Beras Kita Medium 5KG : Rp49.000
Beras Kita Premium 10 KG : Rp115.000
Beras Kita Premium 5 KG : Rp59.000
Beras ETAM 5 KG : Rp66.000
Minyak Kita: Rp13.500
Gula Pasir: Rp13.500
Tepung Terigu Kita : Rp13.000

Reporter: Hendra Rivaldo

Editor: Ramli

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
1987 votes

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *