Disperindagkop Kaltara dan Kemendag RI Pantau Distributor Minyakita di Tarakan

benuanta.co.id, Tarakan – Dinas perindustrian, perdagangan, koperasi dan UKM (Disperindagkop) Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara) bersama Staf Kementrian Perdagangan (Kemendag) RI melakukan pemantauan salah satu distributor Minyakita di Kota Tarakan pada Selasa, 7 Maret 2023.

Kasi Perlindungan Konsumen dan Pengawasan Barang Disperindagkop Kaltara, Septi Yustina menegaskan agenda kegiatan tersebut merupakan pemantauan distribusi Minyakita di Tarakan untuk memastikan ketersedian stock dan harga yang sampai ke konsumen sesuai dengan Harga Eceran Tertinggi (HET) yaitu Rp14 ribu per liter.

“Kunjungan dijadwalkan akan memantau tiga tempat distributor Minyakita dan satu pasar tradisonal yaitu Gusher di Tarakan,” ucap Septi Yustina.

Baca Juga :  Mudahkan Cek Harga Sembako lewat Aplikasi SigapKu

Septi Yustina juga menambahkan bahwa pihaknya telah memberikan arahan kepada Disperindagkop kabupaten maupun kota untuk terus menjaga stock ketersediaan Minyakita agar tidak terjadinya kelangkaan, dan tetap melakukan pemantauan harga yang berderar di masyarakat harus sesuai dengan aturan yang berlaku.

Analisis perdagangan Ahlih Muda Direktorat Ekspor Produk Pertanian dan Kehutanan Kemendag RI, Denny Soemardjan Latuconsina yang turut hadir dalam kunjungan ini juga menjelaskan peredaran Minyakita harus sesuai dengan arahan Keputusan Mentri Perdagangan Nomor 1531 Tahun 2022, dan surat edaran Nomor 03 Tahun 2023 Dirjen Perdagangan Dalam Negeri.

“Dalam kunjungan kali ini saya memberikan apresiasi sebesarnya-besarnya kepada seluruh jajaran pemerintah provinsi maupuun kabupaten kota bekerjasama dengan seluruh distributor dalam menjaga stabilitas harga sesuai dengan ketetapan HET yang telah ditetapkan pusat,” ucap Denny.

Baca Juga :  Bongkar Muat Sembako Diharapkan Bisa Lebih Diutamakan

Ia juga berhara besar harapan kepada kepada seluruh distributor untuk terus menjaga sinergitas antara pemerintah, dan pelaku usaha dalam menjalankan program pemerintah guna pemenuhan kesehjateraan masyrakat.

Salah satu distributor Minyakita di Kota Tarakan yakni CV Cahaya Indo Pratama, Efendi pihaknya antusias dengan kunjungan kali ini. Karena secara tidak langsung membuatnya lebih memahami sistem pendstribusian Minyakita lebih jelas. Ia juga menambahkan jika ketersediaan Minyakita di gudang milikinya hingga menjelang puasa nanti dipastikan aman.

Baca Juga :  Mudahkan Cek Harga Sembako lewat Aplikasi SigapKu

“Untuk ketersedian sampai saat ini masih aman bahkan masih ada 1 kontainer yang belum kita bongkar, jadi persiapan ke depan masih aman, dan saat ini kita telah memesan 1 kontainer Minyakita, posisinya saat ini masih dalam perjalanan,” ucap Efendi. (*)

Reporter: Hendra Rivaldo

Editor: Nicky Saputra

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
2847 votes

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *