Dinkes KTT Pastikan Tidak Ada Penyebaran Penyakit Malaria di Tana Lia

benuanta.co.id, TANA TIDUNG – Sempat ditemukannya adanya pasien penyakit malaria di Puskesmas Kecamatan Tana Lia, Kabupaten Tana Tidung (KTT). Dinas Kesehatan (Dinkes) KTT, langsung bertindak cepat dengan melakukan penyelidikan epimologi.

Kabid Pencegahan Penyakit Menular Dinkes KTT, Hana Yuniar mengatakan penyelidikan epimoligi yang dilakukan bertujuan untuk mencegah terjadinya adanya penyebaran penyakit malaria di Tana Lia.

“Kita ingin menjaga status eleminasi terhadap penyakit malaria ini, khususnya penyebab dari kemunculan penyakit malaria ini. Pasalnya saat dilakukannya pemeriksaan darah terhadap pasien, kita menemukan adanya parasit malaria,” kata wanita yang akrab disapa Hana, Kamis, 3 Maret 2023.

Selain melakukan pemeriksaan darah terhadap pasien malaria, Hana juga mengungkapkan selama sepekan ke depan pihaknya juga melakukan pemeriksaan darah warga dan pemeriksaan jentik nyamuk, di Desa Sambungan, Kecamatan Tana Lia.

Selama prosesnya, tim penyelidikan epimologi Dinkes Tana Tidung tidak menemukan adanya jangkitan terhadap penyakit Malaria.

“Alhamdulilah tidak ada penyebaran penyakit malaria yang kita temukan di Kecamatan Tana Lia. Total ada 42 orang yang kita periksa dan semuanya aman,” terangnya.

“Termasuk jentik-jentik nyamuk yang kita periksa semuanya tidak menunjukan adanya parasit malaria. Jadi kasus ini kemungkinan berasal dari luar daerah,” bebernya.

Meski dikatakan aman dari parasit malaria, Hana tetap menghimbau kepada masyarakat Tana Liat agar dapat menerapkan hidup sehat dan lingkungan bersih agar terhindar dari penyakit malaria.

“Harus dapat diterapkan, khususnya mengindari adanya perkembang biakan pada jintik nyamuk karena hal ini yang sangat rawan,” pungkasnya. (*)

Reporter: Osarade

Editor: Yogi Wibawa

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
1931 votes

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *