Dispora Adakan 2 Seminar Peningkatan Kapasitas Daya Saing Wirausaha Muda Tahun Ini

benuanta.co.id, TANJUNG SELOR – Sesuai dengan Peraturan Presiden Nomor 43 Tahun 2022 tentang koordinasi Strategis Lintas Sektor Penyelenggaraan Pelayanan Kepemudaan, Kepala Bidang (Kabid) Pemuda Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kaltara, Muhammad Mursid mengatakan tahun ini telah berkomitmen bakal melaksanakan program Penyusunan Aksi Daerah (RAD) untuk pelayanan kepemudaan dalam bentuk kegiatan seminar selama 2 kali di 2 Kabupaten Kota.

“Kegiatan dilaksanakan dalam bentuk seminar dengan tema penanaman minat berwirausaha pemuda se provinsi Kalimantan Utara. Jumlah peserta masing-masing kabupaten kota sebanyak 70 orang,” Sabtu (18/2/2023).

Diungkapkannya terdapat 27 kementerian dan lembaga yang terlibat dalam tim koordinasi lintas sektoral.

“Kemudian masing-masing daerah menyusun RAD Pelayanan Kepemudaan di Provinsi dan Kabupaten Kota,” tuturnya.

Pasalnya tahun ini kata dia, beberapa provinsi dan Kabupaten Kota di Indonesia telah menyusun RAD Pelayanan Kepemudaan. “Seperti Kalimantan Timur dan Lampung,” jelasnya.

Ia menegaskan RAD Pelayanan Kepemudaan terdiri dari SK Tim Koordinasi dan Pergub RAD yang meliputi lagi ada Outline dan Matriks RAD. “Lalu SK kelompok kerja, SK tim sekretariat,” ungkapnya.

Selain ada kegiatan seminar yang telah dipersiapkan. Mursid menjelaskan ada kegiatan sinkronisasi penyelenggaraan peningkatan kapasitas daya saing Pemuda Pelopor Provinsi Kaltara.

“Nanti dilakukan kegiatan seleksi pemuda pelopor tingkat provinsi untuk menjadi perwakilan Kaltara di tingkat nasional,” bebernya.

Ada 5 (lima bidang kegiatan kepeloporan yang harus diperhatikan para peserta seleksi pemuda pelopor.

“Bidang kegiatan kepeloporan ada pendidikan, agama, sosial, budaya, pengelolaan sumber daya alam, lingkungan, pangan, inovasi teknologi,” kata Mursid kepada benuanta.co.id

Sebagai informasi, pihaknya meminta masing-masing kabupaten kota nantinya bisa mengirimkan 1 (satu) orang pemuda terbaik

“Untuk masing-masing bidang sesuai dengan poin di atas. Dan persyaratan dan kriteria umum calon peserta akan diinformasikan lebih lanjut setelah juknis dari Kemenpora keluar,” pungkasnya.(*)

Reporter: Georgie Silalahi

Editor: Ramli

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *