Etle Berjalan, Tilang Manual Masih Diadakan

benuanta.co.id, TARAKAN – Sistem penilangan di Kota Tarakan diketahui sudah bertransisi menjadi tilang otomatis yakni melalui Electronic Traffic Law Enforcement (Etle). Etle telah resmi diterapkan pada akhir 2022 kemarin. Namun, tilang secara manual juga masih diberlakukan oleh pihak kepolisian Satuan Lalu Lintas (Satlantas).

Kapolda Kaltara, Irjen Pol Daniel Adityajaya melalui Dirlantas Polda Kaltara, Kombes Pol Rachmad Iswan Nusi menjelaskan tilang manual diperuntukkan pada pelanggaran dengan fatalitas yang tinggi. Seperti kebut-kebutan.

“Itu yang dapat menyebabkan fatalitas laka lantas yang tinggi. Sementara untuk pelanggaran ringan kami sifatnya edukasi dan simpatik,” jelasnya saat ditemui Benuanta, Senin (23/1/2023).

Baca Juga :  Waspada Pohon Tumbang Akibat Cuaca Buruk

Ia juga menegaskan kepada masyarakat yang masih berfikir bahwa tilang manual ditiadakan. Tilang manual untuk fatalitas ringan terlebih dahulu pihaknya memberikan teguran.

“Kita tegur dulu secara tertulis atau lisan. Utamanya ya edukasi dulu kalau tilang manual,” sebutnya.

Rachmad melanjutkan, pihaknya telah mengusulkan pemasangan Etle di beberapa wilayah lain di Kaltara. Seperti wilayah Bulungan dan Nunukan. Namun pihaknya belum bisa memastikan waktu realisasi dari penilangan elektronik ini.

Baca Juga :  Ronaldo Maradona Pindah Tugas, Kapolres Tarakan Dipimpin AKBP Adi Saptia Sudirna

“Kalau di Tarakan kita usulkan penambahan. Kemudian di Bulungan itu karena Ibu Kota dan juga Nunukan,” tukasnya.

Selain 2 jenis penilangan di atas, terdapat pula Etle Mobile. Pada sistem ini, personel Satlantas mengambil gambar terhadap kendaraan yang dianggap melanggar. Setelahnya gambar pelanggar akan dikirim ke bagian back office untuk diproses sebelum akhirnya surat tilang tiba ke tangan pengendara yang melanggar.

Ihwal data pelanggar hingga saat ini masih dinilai statis. Untuk Etle Mobile yang melekat pada anggota juga turut mengedepankan edukasi kepada pelanggar.

Baca Juga :  Pemkot Tarakan Guyur Rp 2 Miliar Tangani Jalan Seroja

“Ya dengan fatalitas tinggi kita lakukan penindakan secara Etle Mobile. Seperti melawan arus itu kan kerawanan laka sangat tinggi. Apalagi di Tarakan kadang-kadang pelanggar tidak sadar kalau melanggar,” pungkasnya. (*)

Reporter: Endah Agustina

Editor: Yogi Wibawa

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
2678 votes

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *