5 Rumah dan Kontrakan Ludes Terbakar di Sungai Nyamuk Sebatik, Diduga Korsleting Listrik

benuanta.co.id, NUNUKAN – Awal Tahun 2023, kebakaran kembali terjadi di 5 rumah, Jalan Bhayangkara RT 08 Sungai Nyamuk, Kecamatan Sebatik Timur, Kabupaten Nunukan pada Kamis (12/1/2023) malam.

Komandan pleton pemadam kebakaran Sebatik Timur Abdul Wahid melaporkan pihaknya menerima laporan kebakaran dari warga sekitar pukul 23.55 Wita.

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
2114 votes

“Yang terbakar itu 3 rumah pribadi berbahan kayu dan 2 rumah kontrakan juga berbahan kayu,” kata Wahid.

Baca Juga :  BPN Terbitkan 3.619 Sertipikat Tanah di Mansapa dan Tanjung Harapan

Sedangkan rumah pribadi diketahui yakni H. Podang (65), Pawellangi (65) dan Hj Basniah (40) sementara 2 rumah kontrakan yang terbakar adalah milik H. Podang dan H. Nurdin (68). Selain itu juga ada rumah semi permanen yang terdampak akibat kebakaran.

“Diduga sumber api berasal dari rumah kontrakan H. Podang yang paling ujung akibat dari korsleting atau hubungan arus pendek listrik yang menimbulkan percikan api,” jelasnya.

Baca Juga :  Terindikasi CPMI Non Prosedural, Imigrasi Tunda Keberangkatan Tiga Calon Penumpang ke Tawau

Api sangat cepat membakar rumah milik warga karena angin kencang dan merembet ke rumah lainnya.

Aksi pemadaman api.

Memadamkan api diturunkan 4 unit mobil pemadam kebakaran dikerahkan (2 unit mobil bantuan dari Pos Damkar Sebatik Utara) ditambah 1 unit mobil rescue serta 35 personel pemadam kebakaran ditugaskan.

“Proses pemadaman kebakaran berlangsung sekitar 2,5 jam selanjutnya kita lakukan pendinginan di lokasi kebakaran dan daerah sekitar, proses pendinginan dilakukan sampai dengan pukul 04.15 Wita, Jum’at (13/1),” terangnya.

Baca Juga :  Lewat DPRD Nunukan Warga Minta Pemda Tata Ulang Pasar Yamaker Supaya Nyaman

Wahid mengakui mereka kesulitan dalam melakukan proses pemadaman dan pendinginan karena kondisi air laut surut sementara sumber air untuk pemadaman terbatas serta akses jalan menuju lokasi kebakaran sangat sempit.

“Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa kebakaran ini,” tandasnya. (*)

Reporter: Darmawan

Editor: Ramli

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *