Polda Kaltara Gelar Simulasi Pengamanan Pemilu, KPU Optimis 2024 Aman dan Kondusif

benuanta.co.id, TANJUNG SELOR – Bersamaan dengan acara Hari Ulang Tahun Polda Kaltara ke-5 di Lapangan Agathis Tanjung Selor, Senin (9/1/2023).

Polda Kaltara gandeng satuan Brimob, TNI hingga Satpol PP untuk ikut terlibat pada kegiatan Simulasi Sistem Pengamanan Kota (Sispamkota) jelang Pemilu 2024 mendatang.

Dari pantauan jurnalis benuanta.co.id acara simulasi pengamanan Pemilu 2024 mendatang terdiri dari aksi penyerangan ke kantor KPU dan Tempat Pemungutan Suara (TPS), sandera calon kepala daerah, aksi unjuk rasa, teror bom, kampanye, serta gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas).

Baca Juga :  Enam Kantor KPU di Kaltara, Baru Dua Bersifat Permanen

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kaltara Suryanata Al Islami menilai acara simulasi pengamanan pemilu 2024 yang diperagakan oleh Polda Kaltara tampak sangat aman.

“Baik Pemilu maupun Pilkada 2024 mendatang di Kalimantan Utara,” ujarnya.

Bang Surya sapaan akrabnya juga menegaskan tugas keamanan Pemilu 2024 bukan hanya ada diranah TNI Polri.

“Tetapi tentu dukungan masyarakat juga menjadi bagian penting. Prestasi di 2019 yang menjadikan Kaltara sebagai provinsi paling aman se Indonesia itu adalah prestasi seluruh warga Kalimantan Utara jadi kita harus menjaga bersama-sama,” bebernya.

Baca Juga :  Gubernur Silaturahmi dengan Masyarakat Perbatasan

Bahkan pihaknya mengatakan setiap tahapan pemilu 2024 mendatang yang ditangani KPU Kabupaten Kota sering berkoordinasi dengan jajaran Polda Kaltara.

“Kami sudah laporkan progres tahapan. Kami senantiasa melaporkan kepada jajaran Polda Kaltara melalui penghubung kami di KPU RI itu kan antisipasi pengamanan,” ungkapnya.

Suryani Al Islami mencontohkan bahwa pada Pemilu tahun 2019 lalu sinergitas KPU Kaltara dengan jajaran satuan keamanan TNI Polri sudah dilakukan dengan tertib dan kondusif.

Baca Juga :  Juli Tahun Ini Pengadilan Tipikor Kaltara Terbentuk di Tanjung Selor

“Hari ini kita terus lakukan peningkatan baik pelaksanaan pemilu dan pilkada 2024 kita ikhtiar dan doa kan sama-sama Kaltara semakin aman,” pungkasnya.(*)

Reporter: Georgie Silalahi

Editor: Ramli

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *