Sekolah Baru untuk Masyarakat Perbatasan Rencana Dibangun Pemprov Kaltara di Lumbis Ogong

benuanta.co.id, BULUNGAN – Demi kemajuan dunia pendidikan di Provinsi Kalimantan Utara, khususnya di daerah terpencil dan pedalaman. Pemerintah Provinsi Kaltara proyeksikan adanya pembangunan sekolah baru di beberapa lokasi salah satunya di Kecamatan Lumbis Ogong Kabupaten Bulungan.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Provinsi Kaltara, Teguh Henri Sutanto mengatakan di tahun 2023 ini Pemprov Kaltara melalui dana alokasi khusus (DAK) untuk membangun sekolah baru yakni sekolah menengah kejuruan (SMK).

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
2114 votes

“Kami mendapat 1 lokus untuk percepatan pembangunan sekolah baru, yaitu SMK Negeri di Lumbis Ogong. Insya Allah 2023 sudah operasional dan penerimaan pesrta didik,” ucapnya kepada benuanta.co.id.

Baca Juga :  Buka Pra Musrenbang RKPD 2025, Upayakan Pembangunan Lebih Terarah

Dia membeberkan sekolah tersebut nantinya disiapkan untuk menampung para peserta didik dari 3 kecamatan di Kabupaten Nunukan diantaranya Lumbis Hulu, Lumbis Pansiangan dan Lumbis Ogong.

“SMKN ini kita siapkan 3 lokal yang menampung Lumbis Hulu, Lumbis Pansiangan dan Lumbis Ogong,” sebutnya.

Melihat kondisi geografis wilayahnya, dengan berdirinya SMKN tersebut maka tidak memungkinkan para pelajarnya untuk pulang pergi setiap hari. Dia mengatakan usai bangunan sekolah berdiri, maka sekolah itu akan dibangunkan asrama.

Baca Juga :  PWI Kaltara: Media Komitmen Tangkal Berita Hoaks

“Hanya saja untuk sekolah di Kaltara itu harus disiapkan asrama, karena mereka tidak bisa akses pulang pergi. Karena jaraknya jauh antara kecamatan juga jauh. Kita bangun sekolahnya, maka pemerintah juga akan bangun asramanya tapi ini di tahun 2024,” jelasnya.

Terkait jurusan, dirinya masih melihat potensi yang ada di wilayah tersebut. Jika kebanyakan SMK memiliki jurusan komputer, mekanik dan sebagainya, maka SMK di Lumbis ini akan dikaji terlebih dulu.

“Untuk jurusan di SMK ini kita kajian dulu, tapi kemungkinan jurusan Perkebunan. Bisa juga Perikanan dan Kelautan karena di sana sungainya juga bagus, untuk produksi ikan yang nantinya dapat di ekspor ke Malaysia,” paparnya.

Baca Juga :  Gubernur Harap Peserta Rakor I-PRO Siapkan Materi Promosi untuk Calon Investor

Selain SMK, di tahun yang sama Disdikbud Kaltara akan mengoperasionalkan sekolah menengah atas (SMA) baru di Kecamatan Tanjung Palas Timur, yaitu SMAN 2 Tanjung Palas Timur berada di Desa Sajau Pura.

“Tahun ini kelembagaannya sudah resmi, sudah masuk Dapodik dan NPS sudah masuk. Sudah operasional dan menampung 1 kelas, makanya di tahun 2023 sudah penerimaan lagi yang menampung siswa sekolah SMP disekitarnya,” tuturnya.

Teguh menambahkan syarat mendirikan SMA minimal ada 3 atau 2 SMP sebagai sumber bahan Out Input untuk siswanya nanti.(*)

Reporter: Heri Muliadi

Editor: Ramli

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *