Diduga Akibat Elpiji Meledak, Belasan Rumah di Lumbis Pansiangan Ludes Dilahap Si Jago Merah

benuanta.co.id, NUNUKAN – Diduga akibat Gas melon Elpiji 3 Kg meledak, belasan rumah di kelompok Desa Labang dan lagas di Kecamatan Lumbis Pansiangan, Ludes dilahap si jago merah pada Jumat, 30 Desember 2022.

Camat Lumbis Pansiangan, Lumbis menyampaikan musibah kebakaran tersebut diperkirakan terjadi sekitar pukul 12.30 Wita.

“Kejadiannya tadi siang, ada sekitar 16 rumah dan satu unit fasilitas umum yakni Posyandu yang ikut ludes terbakar,” ujar Lumbis kepada benuanta.co.id, Jumat (30/12/2022).

Diungkapkannya, diduga kebakaran tersebut terjadi akibat ledakan dari kompor gas elpiji 3 Kg. Yang mana saat itu diketahui, anak-anak dari pemilik salah satu rumah tengah masak di dapur lalu ledakan tersebut terjadi.

Baca Juga :  Warga Terbantu Adanya Pasar Murah di Nunukan

“Posisinya saat itu hanya anak-anak yang ada di rumah, sedangkan orang tuanya sedang bekerja dan tidak ada di rumah,” katanya.

Dalam kebakaran tersebut, Lumbis menyampaikan setidaknya 22 Kepala Keluarga menjadi korban dari musibah kebakaran tersebut.

Sementara itu, api yang berkobar berhasil dipadamkan oleh warga sekitar pukul 16:00 Wita.

Untuk memadamkan kobaran api agar tidak menyebar lebih luas, masyarakat setempat bergotong royong melakukan pemadaman dengan menggunakan saluran pipa air gunung yang biasa dimanfaatkan oleh masyarakat setempat.

Baca Juga :  Marak PMI Non Prosedural Pulang ke Indonesia Lewat Jalur Perbatasan Ba’kelalan-Long Midang

“Kita hanya menggunakan air seadanya, karena di Lumbis sendiri tidak ada Pos Pemadam Kebakaran, untungnya kobaran api tersebut berhasil dipadamkan warga setempat dengan menggunakan air seadanya,” jelasnya.

Lumbis menyampaikan, atas kejadian tersebut, ia berharap Dinas Pemadam Kebakaran Kabupaten Nunukan bisa segera membentuk Pos pemadam kebakaran di Lumbis Pansiangan.

Sementara itu, dalam musibah kebakaran tersebut, Lumbis menyampaikan jika sejauh ini tidak ada korban jiwa.

Baca Juga :  2 Tahun jadi Petani Sawit di Malaysia, WNI Ini Pulang Kampung Tanpa Dokumen Resmi  

Ditambahkannya, Pihak Pemerintah Kecamatan Lumbis Pansiangan telah mendirikan tenda darurat untuk dimanfaatkan oleh masyarakat yang terdampak dan mendirikan dapur umum untuk puluhan KK yang terdampak. (*)

Reporter: Novita A.K

Editor: Matthew Gregori Nusa

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
2703 votes

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *