Vokasi Bahasa Mandarin akan Dibuka di Universitas Kaltara

benuanta.co.id, BULUNGAN – Jika tidak ada aral melintang, vokasi Bahasa Mandarin akan segera dibuka di Universitas Kaltara (Unikaltar). Hal itu ditandai dengan penandatangan nota kesepahaman kerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Bulungan dan PT Kalimantan Industrial Park Indonesia (KIPI) yang terlaksana pada hari Kamis 1 Desember 2022 di ruang serbaguna gedung gabungan dinas (Gadis) Pemprov Kaltara.

Kerjasama antara perguruan tinggi dengan perusahaan pengelola kawasan ini disaksikan langsung oleh Menteri Koordinator Bidang Kamaritiman dan Investasi (Menko Marves) Republik Indonesia Luhut Binsar Pandjaitan dan Gubernur Kaltara Zainal Arifin Paliwang dengan Bupati Bulungan Syarwani secara daring.

Baca Juga :  Disdukcapil Kaltara Tahun Ini akan Gelar Isbat Nikah

“Setelah penandatangan nota kesepahaman kerjasama ini, maka Universitas Kaltara (Unikaltar) akan membuka program intensif vokasi Bahasa Mandarin,” ucap Bupati Bulungan Syarwani.

Syarwani pun menyampaikan terima kasih dan apresiasi atas adanya MoU di mana ke depannya diharapkan Unikaltar dapat mencetak lulusan program vokasi Bahasa Mandarin, utamanya putra putri daerah Kabupaten Bulungan.

“Dimana nantinya diserap di Kawasan Industri dan Pelabuhan Internasional (KIPI) di Tanah Kuning Mangkupadi,” tuturnya.

Baca Juga :  Nilai Investasi di Kaltara Selama Tahun 2023 Tercatat Rp 27 Triliun

Kata dia, dengan adanya MoU ini merupakan salah satu wujud dari 15 program prioritas Pemerintah Kabupaten Bulungan.

“Semoga ini menjadi langkah awal dan selanjutnya ke depan kita lakukan kerjasama dalam program-program lainnya,” bebernya.

Untuk diketahui, vokasi intensif Bahasa Mandarin merupakan salah satu implementasi Beasiswa Vokasi Berbasis Potensi Wilayah yang dicanangkan Bupati dan Wakil Bupati Bulungan, Syarwani Ingkong Ala dan termasuk dalam 15 program prioritas di Kabupaten Bulungan.

Baca Juga :  Besok, Cuaca Kaltara Diperkirakan Cerah Berawan

“Harapannya, selain program Bahasa Mandarin, ke depannya juga dapat dibuka program studi lainnya yang sesuai dengan kebutuhan tenaga kerja, khususnya di KIPI Tanah Kuning – Mangkupadi, sehingga dapat menyerap sebanyak mungkin SDM lokal yang ada di Bulungan,” paparnya.

Dirinya pun menyampaikan terima kasih kepada segenap jajaran Kemenko Marves, Pemprov Kaltara, PT KIPI serta Unikaltar yang bersama-sama mewujudkan program Bahasa Mandarin di Bulungan.(*)

Reporter: Heri Muliadi

Editor: Ramli

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *