Momen HUT Kaltara, BINDA Kaltara Tekankan Jaga Harmonisasi

benuanta.co.id, TARAKAN – Momentum HUT Kaltara ke-9 tahun pada 25 Oktober 2021, Kepala Badan Intelijen Negara Daerah (BINDA) Kaltara, Brigjen TNI Andi Sulaiman, S.Sos mengingatkan pentingnya menjaga harmonisasi dan prioritas pembangunan bagi masyarakat.

Menurutnya, usia yang ke-9 tahun, Kaltara tentu dibangun atas dasar harmonisasi, ketentraman dan peningkatan ekonomi serta kesejahteraan masyarakat.

Seperti halnya dengan tagline Kaltara Rumah Kita yang menjadi spirit pembangunan Gubernur Kaltara Drs. H. Zainal Arifin Paliwang SH.,M.Hum dan Wakil Gubernur Dr. Yansen TP, M.Si, pihaknya memastikan akan selalu mendukung Pemerintah Provinsi Kaltara.

“Prioritaskan pembangunan yang bersentuhan langsung dengan masyarakat,” terang Kabinda Kaltara, Brigjen TNI Andi Sulaiman.

Baca Juga :  PLTA Kayan akan Serap Banyak Tenaga Kerja Lokal

Terdapat sektor-sektor strategis yang sekiranya dapat menopang pembangunan Kaltara dan kesejahteraan masyarakat yakni perikanan dan pertanian.

“Ada budidaya perikanan dan perikanan tangkap. Selain itu pertanian juga sangat berpotensi untuk dikembangkan. Sewaktu Menteri Pertanian berkunjung, Kaltara diminta untuk segera meningkatkan hasil pertaniannya, karena lahan kita sangat luas dan tanah kita subur,” ujarnya.

“Pekan depan Gubernur akan berjumpa dengan pak menteri untuk melaporkan strategi untuk mengoptimalkan pertanian Kaltara,” lanjutnya.

Membahas tentang perbatasan, dikatakan Sulaiman, hal itu didukung oleh APBN. Baginya, program perbatasan itu tidak hanya Pos Lintas Batas Negara (PLBN) tetapi juga rangkaian pembangunan di wilayah seperti fasilitas jalan, kebutuhan dasar masyarakat sehingga prioritas masyarakat itu yang didahulukan.

Baca Juga :  Turunkan Stunting di Kaltara Perlu Harmonisasi hingga Sinkronisasi yang Kuat

“Kami telah berkoordinasi dengan pihak Kementerian PUPR untuk membangun infrastruktur yang prioritas bagi masyarakat, agar penggunaan anggaran lebih efektif dan dampaknya terasa bagi masyarakat,” terangnya.

Lebih jauh dikatakan Sulaiman, keamanan dan kondusifitas di Kaltara sejauh ini terbilang baik. Pasalnya, sinergi antara pemerintah, TNI-POLRI dan masyarakat sangat terjaga di Kaltara.

Meski begitu ia menyatakan bahwa terdapat oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab kadang kala membuat kegaduhan dengan isu-isu yang berpotensi memecah belah persatuan.

Baca Juga :  Alhamdulillah, Seluruh Jemaah Haji Kaltara Terpantau Sehat di Madinah

“Kita cegah dengan kebersamaan dan sinergitas yang positif. Terlebih itu, kami getol melakukan fungsi deteksi dini. Mari seluruh masyarakat Kaltara, kita jaga keamanan dan kondusifitas agar proses pembangunan dapat terlaksana dengan baik,” tutupnya.(*)

Reporter: Kristianto Triwibowo

Editor: Ramli

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
2963 votes

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *