TANA TIDUNG – Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil ) Kabupaten Tana Tidung (KTT), terus meningkatkan pelayanan Adminduk kepada masyarakat.
Kepala Disdukcapil KTT, Asnol mengatakan, setiap hari pihaknya selalu berupaya untuk memberikan pelayanan yang terbaik bagi masyarakat dalam hal mengurus administrasi kependudukan.
“Sekarang untuk pengurusan KTP, kartu keluarga dan akta kelahiran, hanya membutuhkan waktu kurang lebih satu jam saja. Berbeda dengan dulu yang bisa memakan waktu hingga berhari-hari,” ujarnya.
Ia mengatakan, untuk menyelesaikan pembuatan dokumen tersebut, tak jarang pegawainya harus kerja hingga malam hari guna memberikan pelayanan maksimal bagi masyarakat.
“Jika warga mengurus dokumen maka hanya tidak kurang dari 30 menit sudah bisa diambil. Tapi harus dengan persyaratan yang sesuai aturan yang berlaku,” kata Asnol.
Dikatakannya, untuk kepengurusan dokumen tersebut tidak selamanya berjalan lancar atau tanpa kendala, terutama saat cuaca buruk seperti ada petir disertai guntur.
“Jika cuaca sedang buruk, misalnya ada petir, maka peralatan pembuatan dokumen tersebut terpaksa kami matikan dulu agar tidak mengalami kerusakan,” katanya.
Selain itu, Disdukcapil juga selalu memberikan pelayanan terbaik dengan berbagai program. Salah satunya jemput bola ke desa dan kecamatan yang ada di Kabupaten Tana Tidung.
“Kami terus meningkatkan pelayanan dengan program jemput bola ke berbagai desa dan kecamatan, guna memberikan kemudahan bagi warga yang memang jauh dari kabupaten, untuk mengurus KTP dan surat lainya,” ujarnya.
Salah seorang warga, Dwi yang sedang mengurus Kartu Keluarga (KK) mengatakan, saat dirinya mengurus KK, belum satu jam berada di Disdukcapil kartu keluarga yang diurus sudah dapat diambil di loket.
“Alhamdullilah, baru saja daya duduk, belum satu jam nama saya sudah dipanggil untuk mengambil kartu keluarga. Saya senang pelayanannya cepat dan tidak ribet sama sekali,” katanya.(*)
Reporter: Dwi Widdyaswiranata
Editor: M. Yanudin