Bukan Sekedar Janji, Zainal A Paliwang Telah Lakukan Stabilisasi Harga Udang Kaltara

benuanta.co.id, Tarakan – Sebagai incumbent, Zainal Arifin Paliwang telah melakukan banyak hal untuk Kalimantan Utara (Kaltara). Di antaranya menepati janjinya terkait stabilitas harga udang Kaltara. Membaiknya harga jual udang yang terjadi belakangan ini tak terlepas dari salah satu usaha Zainal yang melakukan lobi-lobi ke berbagai pihak yang berkaitan dengan ekspor udang Kaltara sejak 2022 lalu.

Diterangkan Juru Bicara Koalisi Zainal – Ingkong, Sabirin Sanyong stabilisasi harga udang merupakan hal penting bagi Zainal A Paliwang. Meskipun harga udang mengikuti mekanisme pasar, Zainal A Paliwang tetap membentuk tim untuk mengetahui secara langsung terkait stabilisasi harga udang di Kaltara.

“Meskipun telah ditetapkannya harga udang Kaltara, namun masih bisa dibantah dengan adanya bukti invoice penjualan udang ke Amerika. Di sana (Amerika) Rp360 ribu dan kemudian di sini (Kaltara) Rp130 ribu. Lalu, disepakati bersama mengambil harga terbaik di antaranya yakni Rp150 ribu. Nah, itu salah satu keberhasilan beliau (Zainal) dalam tata niaga dan tata kelola harga udang,” terang Sabirin saat ditemui, beberapa waktu lalu.

Baca Juga :  Upayakan UMKM Lokal Berkolaborasi di Event Perdagangan

Tak sampai di situ, ia juga meyakinkan bahwa Zainal A Paliwang akan mengambil langkah yang lebih jauh terkait harga udang. Sabirin menyebutkan, Zainal A Paliwang telah merencanakan program ekspor udang bisa diadopsi oleh Kaltara ke depannya.

“Jadi, itu salah satu di antara lainnya mengapa kita harus memilih Zainal – Ingkong. Pak Zainal ini adalah pemimpin yang sangat dekat dengan masyarakat. Jadi, beliau pasti mengupayakan apa yang selama ini dibutuhkan masyarakat,” sebutnya.

Selain itu, Sabirin juga membandingkan pilihan terbaik untuk masyarakat Kaltara di Pemilihan Gubernur (Pilgub) Kaltara 2024 kali ini. Ia menyebutkan, Zainal maupun Ingkong merupakan dua figur yang dekat dan sangat sering terlihat berbaur dengan masyarakat. Ia menilai, sangat jarang ditemukan sosok pemimpin daerah yang mau ikut serta-merta di berbagai kegiatan masyarakat.

“Kita lihat dan ingat – ingat lagi. Pak Zainal ini orangnya dekat dengan masyarakat, di mana ada acara masyarakat di situlah beliau hadir. Ada acara masyarakat yang bermusik daerah, beliau ikut bermain alat musiknya, acara olahraga beliau jangan ditanya lagi pasti hadir dan ikut serta, acara kecil masyarakat pun beliau hadir. Jadi, kembali kita simpulkan bahwa ini adalah figur yang kuat dan dekat dengan masyarakat,” kata Sabirin.

Baca Juga :  Program Bantuan Usaha Kecil Sebesar Rp550 Juta Telah Disalurkan di Tahun 2024

Menurut data Badan Pusat Statistik (BPS) Kaltara, produksi udang Kaltara sejak 2018, 2019, 2020 dengan total 26,998 ton. Sementara data terbaru yang dikeluarkan pada Agustus 2024, produksi udang dua tahun belakangan dengan total 18.648 ton. Terkait stabilisasi harga udang tersebut telah diupayakan Zainal A Paliwang dengan melakukan koordinasi dengan Kementerian Kelautan dan Perikanan serta Kementerian Perdagangan RI.

Tak hanya hasil dari budidaya udang, Zainal juga melakukan berbagai kajian dalam memaksimalkan lahan – lahan pertambakan yang tidak aktif untuk digunakan sebagai lahan pertanian sawit dan model pertanian lainnya. Sekaligus, Zainal juga membawa Kaltara menjadi salah satu wilayah penanaman mangrov Nasional. Terbaru, Zainal A Paliwang mendampingi Kepala Badan Restorasi Gambut dan Mangrove (BRGM) melakukan penanaman mangrove di Desa Sengkong, Kecamatan Sesayap Hilir, Kabupaten Tana Tidung. (*)

Baca Juga :  BPJS Ketenagakerjaan Tarakan Sosialisasikan JMO ke Karyawan Perusahaan

Berikut harga udang Black Tiger per Oktober 2024

Size        Harga

15           Rp 245 Ribu

20           Rp 207 Ribu

25           Rp 167 Ribu

30           Rp 150 Ribu

35           Rp 140 Ribu

40           Rp 130 Ribu

45           Rp 120 Ribu

50           Rp 110 Ribu

55           Rp 102 Ribu

60           Rp 95 Ribu

65           Rp 82 Ribu

80           Rp 73 Ribu

85           Rp 71 Ribu

90           Rp 69 Ribu

95           Rp 67 Ribu

100        Rp 65 Ribu

110        Rp 30 Ribu

120        Rp 30 Ribu

130        Rp 30 Ribu

140        Rp 30 Ribu

150        Rp 30  Ribu

KK           Rp 30 Ribu

Editor : Nicky Saputra

TS Poll - Loading poll ...
Coming Soon
Calon Pemimpin Kaltara 2024-2029 Pilihanmu
{{ row.Answer_Title }} {{row.tsp_result_percent}} % {{row.Answer_Votes}} {{row.Answer_Votes}} ( {{row.tsp_result_percent}} % ) {{ tsp_result_no }}

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *