PAD Kaltara Ditargetkan Tembus 75 Persen di Oktober

benuanta.co.id, TANJUNG SELOR – Badan Pendapatan Pajak Daerah (Bapenda) Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara) optimis Pendapatan Asli Daerah (PAD) tahun 2024 bisa kembali menembus target seperti capaian PAD tahun 2023 lalu.

Kepala Bapenda Kaltara Tomy Labo, menyebut tahun 2024 ini pihaknya menargetkan PAD tahun 2024 sebesar Rp 1,66 triliun. Di mana jumlah itu lebih besar dari target PAD Kaltara 2023 yang masih di bawah angka Rp 1 triliun.

“Lebih besar memang dari target kita ditahun lalu, meski kenaikannya sendiri tidak terlalu besar. Oleh karena itu kita optimis disisa-sisa tahun 2024 ini kita bisa mencapai target PAD atau bahkan lebih,” kata Tomy, Rabu (2/10/2024).

Baca Juga :  Sanksi Tegas Menanti Kendaraan Plat Nomor Luar Kaltara

Ia menjelaskan, pada September 2024 capaian target PAD yang sudah dihitung oleh Bapenda Kaltara mencapai Rp 726 miliar dan masih kurang sekitar Rp 300 miliar lebih dari target PAD 2024.

Karena masih besarnya angka kekurangan itu, Bapenda Kaltara pun akan mengambil sejumlah langkah, agar target PAD Kaltara bisa mencapai target.

Baca Juga :  Sanksi Tegas Menanti Kendaraan Plat Nomor Luar Kaltara

“Minimalnya di bulan ini angka PAD kita bisa meningkat mencapai angka 75 persen karena saat ini persentasi angka PAD kita baru sekitar 68 persen. Makanya kita melibatkan sejumlah pihak, misalnya untuk pajak kendaraan kita libatkan Ditlantas Polda Kaltara dan Samsat. Lalu untuk pajak perusahaan kita libatkan OPD terkait seperti PTSP,” jelasnya.

Ia sendiri mengaku dengan sisa waktu kurang lebih 4 bulan ke depan pihaknya bisa mencapai target PAD. Mengingat masih banyaknya sumber-sumber PAD yang memang realisasinya belum 100 persen.

Baca Juga :  Sanksi Tegas Menanti Kendaraan Plat Nomor Luar Kaltara

“Yang paling banyak itu dari pajak kendaraan yang realisasinya sudah mencapai rata-rata 90 persen dari target kita, tinggal bagaimana kita mengoptimalkam sumber PAD dari sumber yang lain,” pungkasnya. (*)

Reporter: Osarade

Editor: Yogi Wibawa

TS Poll - Loading poll ...
Coming Soon
Calon Pemimpin Kaltara 2024-2029 Pilihanmu
{{ row.Answer_Title }} {{row.tsp_result_percent}} % {{row.Answer_Votes}} {{row.Answer_Votes}} ( {{row.tsp_result_percent}} % ) {{ tsp_result_no }}

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *