Tingkatkan Kapasitas Koperasi dan UMKM lewat Pelatihan Olahan Rumput Laut

benuanta.co.id, TARAKAN – Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Disperindagkop dan UKM) Kalimantan Utara (Kaltara) menggelar pelatihan olahan rumput laut guna meningkatkan kapasitas koperasi dan UMK di Kota Tarakan. Pelatihan ini berlangsung pada 18 hingga 20 September 2024.

Kepala Disperindakop dan UKM Kaltara, Hasriyani menuturkan kegiatan ini dapat membawa dampak positif bagi pengembangan sektor usaha mikro, kecil, dan menengah di Kota Tarakan.

Menurutnya, rumput laut adalah salah satu komoditas yang memiliki potensi besar dan menjanjikan di Kota Tarakan. Dengan kualitas dan keanekaragaman yang dimilikinya, rumput laut tidak hanya memiliki nilai ekonomi yang tinggi, tetapi juga berpotensi untuk memperluas pasar dan menciptakan lapangan pekerjaan baru.

Baca Juga :  Disperindagkop Kaltara Ajak Industri Kecil Menengah Mendaftar Sertifikat HKI

“Pelatihan ini tujuannya untuk memberikan keterampilan dan pengetahuan kepada para pelaku umkm dalam mengolah rumput laut secara optimal, sehingga dapat meningkatkan daya saing produk lokal kita,” ujarnya, Jumat (20/9/2024)

Ia berharap melalui pelatihan ini, para peserta akan mendapatkan wawasan baru mengenai teknik-teknik olahan rumput laut yang inovatif dan efektif. Selain itu, peserta dapat menerapkan ilmu untuk mengembangkan usaha, meningkatkan kualitas produk, serta memperluas jangkauan pasar.

Baca Juga :  Pelatihan Akses Pasar Global Solusi UMKM Bersaing di Pasar Internasional

Tak hanya itu saja, pihaknya pun ingin menekankan pentingnya kolaborasi antara berbagai pihak, baik pemerintah, pelaku usaha, maupun masyarakat, dalam mendukung perkembangan UMKM di Kota Tarakan.

“Dukungan dan kerja sama yang solid akan menjadi kunci utama dalam mencapai tujuan bersama dan memajukan sektor ekonomi lokal,” pungkasnya. (*)

Reporter: Sunny Celine

Baca Juga :  Pelatihan Akses Pasar Global Solusi UMKM Bersaing di Pasar Internasional

Editor: Yogi Wibawa

TS Poll - Loading poll ...
Coming Soon
Calon Pemimpin Kaltara 2024-2029 Pilihanmu
{{ row.Answer_Title }} {{row.tsp_result_percent}} % {{row.Answer_Votes}} {{row.Answer_Votes}} ( {{row.tsp_result_percent}} % ) {{ tsp_result_no }}

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *