Lapas Nunukan Over Kapasitas 

benuanta.co.od, NUNUKAN – Dihuni 1.333 warga binaan, Lembaga Permasyarakatan (Lapas) Kelas II B Nunukan dalam kondisi over kapasitas.

Kepala Lapas Nunukan, Puang Dirham menurutkan saat ini Lapas Nunukan dihuni oleh Narapidana sebanyak 1.147 orang dan 186 orang tahanan.

“Kalau untuk Warga Binaan Permasyarakatan (WBP) yang ada di Lapas Nunukan masih didominasi kasus Narkotika,” kata Puang kepada benuanta.co.id.

Dikatakannya, jika dibandingkan dengan jumlah penjaga tahan yang melakukan penjagaan diakuinya tidak sebanding dengan jumlah WBP. Sebab, untuk petugas penjaga hanya ada 32 orang yang dibagi dalam empat regu jaga yang berdiri dari 8 orang setiap regunya.

Baca Juga :  Dua Tahun Beroperasi, Rumah Sakit Pratama Sebuku Akhirnya Terakreditasi

“Kondisi kita saat ini sudah over kapasitas, padahal untuk normalnya itu untuk kapasitas 325 orang,” ungkapnya.

Dikatakannya, dengan membludaknya narapidana di Lapas Nunukan, membuat kamar hunian yang berkapasitas hanya untuk 5 sampai 7 orang terpaksa harus di huni oleh 15 hingga 20 orang. Sedangkan untuk kapasitas 10 sampai 20 orang saat ini dihuni dengan narapidana sebanyak 40 hingga 50 orang.

Baca Juga :  Berkas Tiga Paslon Pilbup Nunukan Dinyatakan Memenuhi Syarat

Sementara itu, untuk blok hunian yang ada di Lapas Nunukan ada empat blok yakni blok a,b dan c diperuntukkan bagi narapidana laki-laki sedangkan satu blok di khususkan untuk warga binaan.

Kendati demikian, Puang mengatakan jika pihaknya tetap memaksimalkan pengawasan dan pengamanan untuk tetap memastikan Lapas Nunukan dalam kondisi yang aman dan tertib. (*)

Baca Juga :  236 PMI Bermasalah Kembali Dideportasi dari Malaysia

Reporter: Novita A.K

Editor: Nicky 

TS Poll - Loading poll ...
Coming Soon
Calon Pemimpin Kaltara 2024-2029 Pilihanmu
{{ row.Answer_Title }} {{row.tsp_result_percent}} % {{row.Answer_Votes}} {{row.Answer_Votes}} ( {{row.tsp_result_percent}} % ) {{ tsp_result_no }}

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *