PT MIP Gelar Off The Job Safety di Tarakan

Tarakan – PT Mandiri Intiperkasa (MIP) menggelar kegiatan luar site atau disebut off the job safety. Kegiatan yang dilaksanakan bertemakan tentang kesehatan keselamatan kerja (K3) dan pemeliharaan lingkungan. Maksudnya adalah, memberikan pemahaman kepada keluarga karyawan dan pelajar tentang mengelola K3 dan lingkungan yang ada di sekitar.

HSE Supervisor, PT MIP, Didik Setiawan menjelaskan, kegiatan yang dilaksanakan berlangsung selama 2 hari dari tanggal 8-9 Juni 2024 di Tarakan. Kegiatan ini juga sebagai bekal pemahaman kepada keluarga karyawan yang bekerja di Site Krassi. Alasannya, agar para keluarga dapat melakukan tindakan antisipatif ketika berada dalam kondisi darurat.

“Semua keluarga karyawan kami harap bisa paham ketika menghadapi situasi darurat. Karena, para suami bekerja jauh dari rumah. Jadi, mereka harus dibekali pemahaman pemahaman dasar pertolongan,” jelas Didik.

Baca Juga :  Sidak Memastikan Ketersediaan dan Harga Bahan Pokok

Dia juga mengatakan, pemahaman dasar yang diberikan terdiri mencakup tentang, first aid, cara memadamkan api dari dapur, cara mengelola limbah dapur.

“Kami memberikan pemahaman pengelolaan kesehatan yaitu bahaya dan pengaruh kolesterol tinggi, gula darah tinggi dan asam urat tinggi, memberikan pemahaman tentang pengelolaan kelelahan dalam bekerja, memberikan pemahaman pencegahan bahaya kebakaran dan praktek penanggulangan kebakaran pada kompor gas LPG dan pengelolaan dan pemanfaatan sampah plastik,” ungkapnya.

Dia juga menegaskan, kegiatan off the job safety ini merupakan mengaplikasikan penerapan Kepdirjen 185 tahun 2019 tentang Pedoman Pelaksanaan Sistem Manajemen Keselamatan Pertambangan. Dalam pelaksanaan pedoman ini adalah memberikan pendidikan di luar pekerjaan, yaitu kepada keluarga karyawan tentang kepedulian terhadap keselamatan pertambangan.

Baca Juga :  TIPD Kota Tarakan Bakal Lakukan Monev ke Pasar Pasca Iduladha 1445 H

“Sasaran keluarga karyawan yaitu istri, orang tua, kakak, paman, yang berdomisili di Tarakan Timur Kota Tarakan,” tegasnya.

Dia mengharapkan, “Segenap keluarga karyawan dapat memahami pengelolaan keselamatan di tempat kerja dan pengelolaan keselamatan dan kesehatan di luar tempat kerja yaitu di lingkungan rumah tangga.”

Hal senada dikatakan, Ketua Panitia Pelaksana, Aditya, kegiatan ini keluarga karyawan bisa memahami pekerjaan suami atau anak yang mempunyai potensi bahaya yang tinggi. Dan bisa menjadi support sistem untuk suami atau anak yang bekerja di site, serta perannya dapat menurunkan angka kecelakaan.

Baca Juga :  Momen Iduladha 1445 H, Telkomsel Kurban 710 Hewan bagi 43.000 Penerima Manfaat se Indonesia

“Kegiatan off the job safety ini memberi kesan yang positif, kerja sama antar panitia yang begitu baik, yang siap lelah untuk acara. Untuk para panitia selanjutnya agar bisa menyelenggarakan off the job safety lebih meriah lagi,” harapnya.

Kegiatan off the job safety ini dilaksanakan bersama mitra kerja PT Mandiri Intiperkasa Site Krassi.(**)

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
1964 votes

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *