Gubernur Apresiasi Kemeriahan MTQ IX di Tana Tidung

TIDENG PALE – Di Bawah langit malam lapangan Stadion Mini TIdeng Pale, Kabupaten Tana Tidung (KTT) pada senin (10/6) malam. Malam Pembukaan Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) IX Kalimantan Utara (Kaltara) berlangsung secara megah dan meriah.

Gubernur Kaltara DR. (H.C). H. Zainal A. Paliwang, M.Hum., yang didampingi Wakil Gubernur Dr. Yansen TP, M.Si., beserta istri, dan Sekretaris Daerah (Sekda) Kaltara Dr. H. Suriansyah, M.AP., hadir langsung pada malam pembukaan MTQ IX Kaltara di Bumi Upun Taka ini.

Acara diawali dengan defile ratusan peserta kafilah-kafilah dari 5 (lima) Kabupaten/Kota yang turut serta dalam MTQ ini. Yang mana juga terdapat kafilah-kafilah dari MTQ Mualaf yang juga dihelat secara bersamaan.

Baca Juga :  Enam Peserta Bersaing dalam Pemilihan Duta Baca

Setelah defile, lalu dilanjutkan dengan pembacaan ayat suci Al Quran yang dilantunkan oleh Qori Internasional H. Darwin Hasibuan, S.Pd.i., asal Sumatera Utara yang dengan lantunan indahnya mampu menyihir seluruh tamu undangan dan penonton yang hadir di sekitaran panggung utama tempat berlangsungnya acara.

Lalu Gubernur yang dalam kesempatannya memberikan sambutan, mengucapkan apresiasi serta dukungannya dalam terselenggaranya MTQ IX Kaltara dan berharap dalam pelaksanaannya dapat berjalan dengan lancer dan memberi keberkahan bagi semuanya.

“Kita ketahui bersama, Al-Quran merupakan sumber pengetahuan yang mengandung nilai-nilai kehidupan yang mengajarkan tentang mana yang benar dan mana yang salah, baik dan buruk,” lanjut Zainal dalam sambutannya.

Menurutnya, MTQ memiliki posisi vital dalam membangun rangka spiritual akhlak. Maka dari itu melalui MTQ ini menjadi kesempatan kita semua untuk merefleksi, berzikir serta bertafakur dalam membangun akhlak dan peradaban.

Baca Juga :  Silaturahmi ke Lapas Nunukan, Gubernur Kaltara Apresiasi Hasil Karya Warga Binaan

“Saya berharap, lantunan-lantunan ayat suci Al-Quran yang akan dibacakan dengan indah pada perhelatan MTQ kali ini dapat melahirkan generasi-generasi yang mempunyai kecerdasan spiritual, sosial dan moral untuk membangun bangsa dan Provinsi Kaltara pada khususnya,” tutupnya.

Setelah sambutan, Gubernur secara simbolis membuka MTQ IX yang dilakukan bersama-sama dengan tamu kehormatan lainnya dengan menembakan pointer laser menuju layar di panggung utama MTQ yang ada di hadapannya.

Dan setelah rangkaian pembukaan secara simbolis berakhir, acara dilanjutkan dengan panggung hiburan yang menampilkan Fatin Shidqqia sebagai penampil utama untuk menghibur tamu kehormatan serta ratusan masyarakat KTT yang hadir

Baca Juga :  Gubernur Hadiri Rakornas Pengendalian Inflasi, Presiden Ingatkan Tantangan Perubahan Iklim

Turut hadir juga Bupati KTT Ibrahim Ali beserta istri, Bupati Bulungan Syarwani, Wakil Bupati Malinau, Wakil Bupati Nunukan, perwakilak Pemkot Tarakan serta unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kaltara serta para Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kaltara dan KTT.

Dan rangkaian MTQ ke-IX kali ini akan dilaksanakan selama 7 (tujuh) hari, yang dimulai dari tanggal 8 Juni hingga 14 Juni 2024 mendatang. (dkisp)

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
1964 votes

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *