Pendapatan Sektor Pariwisata Maratua Belum Signifikan

benuanta.co.id, BERAU – Pendapatan Asli Daerah (PAD) yang diperoleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Berau dari sektor pariwisata Pulau Maratua dinilai belum signifikan. Hal itu disampaikan langsung oleh Sekretaris Kabupaten (Sekkab) Berau, Muhammad Said.

“Kami cukup miris melihat upaya kita melihat sektor pariwisata di Maratua. Karena pendapatan yang masuk di Bapenda Berau tidak berbanding lurus dengan apa yang sudah dilakukan,” ungkapnya Jumat (7/6/2024).

Menurutnya, banyak event yang telah dilaksanakan di Maratua tidak secara signifikan mengangkat atau meningkatkan PAD Kabupaten Berau, terutama dari sektor pajak hotel serta pajak makan minum dari restoran yang ada di sana.

Baca Juga :  Wakil Bupati Gamalis Apresiasi Kejari Berau Ungkap 16 Perkara TPUL

“Sehingga kami berharap Dinas Pariwisata dalam setiap kegiatannya paling tidak melibatkan Bapenda. Jangan sampai Dinas Pariwisata bekerja sendiri. Sementara giliran menagihnya menjadi beban Bapenda Berau,” bebernya.

Disampaikannya, sinergitas dan kolaborasi antara Dinas Pariwisata dan Bapenda perlu dibangun dengan baik. Mengingat, Kabupaten Berau sudah ditetapkan sebagai salah satu kawasan strategis pariwisata nasional.

Baca Juga :  Bupati Imbau Pengusaha UMKM Buat Inovasi Ekonomi Kreatif Pasca Tambang

“Apalagi kita di Kabupaten Berau juga sedang melakukan transformasi dari sisi pendapatan. Tidak selamanya kita bergantung pada sektor yang didasarkan pada SDA,” imbuhnya.

Saat ini, tambah Said Pemkab Berau sedang berjuang agar Kabupaten Berau dapat mandiri dari segi finansial dan atau fiskal. Karena itu, berbagai upaya perlu dilakukan menuju kemandirian itu.

Baca Juga :  Bupati Hadiri Pengukuhan DPC IWAPI Berau

“Kita berharap ada kemandirian fiskal di Kabupaten Berau. Kita dikatakan tidak mandiri karena pendapatan kita hanya di kisaran Rp 300-350 miliar. Sementara APBD kita hampir tembus di angka Rp 7 triliun,” pungkasnya. (*)

Reporter: Georgie

Editor: Nicky Saputra

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
2014 votes

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *