Dispar Target Desa Wisata di Kaltara Bisa Lebih Banyak Ikut ADWI 2025

benuanta.co.id, TANJUNG SELOR – Dinas Pariwisata (Dispar) Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara) akan kembali mengikutsertakan beberapa desa wisata termasuk Desa Setulang, Kabupaten Malinau di ajang Anugerah Desa Wisata (ADWI) tahun 2025. Hal itu menyusul kegagalan Desa Setulang di ADWI tahun 2024

Desa Setulang sendiri merupakan salah satu kandidat kuat untuk mengikuti ADWI tahun ini. Namun yang berhasil lolos hingga tahap 50 besar mewakili Kaltara ada Desa Wisata Mangkaban Sebawang, Kabupaten Tana Tidung (KTT).

Baca Juga :  Dispar Kaltara Gandeng Kemenparekraf Gelar Pelatihan Pemandu Wisata

Kepala Dispar Provinsi Kaltara, Njau Anau mengatakan belum siapnya administrasi yang menjadi persyaratan ADWI membuat Desa Setulang terpaksa gagal di ADWI 2024.

“Mereka hanya kekurangan waktu saja sehingga terlambat untuk mengurus administrasi, tapi kita ada Desa Mangkaban Sebawang sudah mempersiapkannya dan berhasil menembus 50 besar ADWI 2024,” kata Njau Anau, Kamis (6/6/2024).

Baca Juga :  Gandeng Kemenparekraf untuk Kembangkan Ekraf di Desa Wisata Mangkaban

Tahun 2024 ini merupakan tahun ke-3 di mana Provinsi Kaltara berhasil mendapatkan prestasi dalam ajang ADWI. Pada tahun 2022 Desa Pulau Sapi berhasil lolos 50 besar, lalu tahun 2023 Desa Tana Kuning masuk 75 besar dan ADWI 2024 giliran Desa Mangkaban Sebawang yang tembus 50 besar.

“Kita semakin optimis bisa mempertahankan prestasi ini selama 4 tahun berturut-turut. Desa lainnya yang kita upayakan untuk ikut ADWI. Intinya semua tergantung pada pemerintah daerah masing-masing,” tutupnya. (adv)

Baca Juga :  Gandeng Kemenparekraf untuk Kembangkan Ekraf di Desa Wisata Mangkaban

Reporter: Osarade

Editor: Yogi Wibawa

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
2009 votes

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *