Bapaslon Jalur Perseorangan Belum Memenuhi Syarat Dukungan Minimal

benuanta.co.id, BERAU – Dua bakal pasangan calon (Bapaslon) Bupati dan Wakil Bupati Berau jalur perseorangan yang mendaftar di KPU Berau menuju Pilkada Berau 2024, diketahui Belum Memenuhi Syarat (BMS) dukungan minimal.

Ketua KPU Berau, Budi Harianto mengatakan syarat dukungan minimal dua Bapaslon belum terpenuhi setelah dilakukan verifikasi administrasi sejak 3-29 Mei 2024 lalu.

“Kemudian diperpanjang sampai dengan tanggal 2 Juni. Dan sampai tanggal 2 Juni kemarin selesai verifikasi administrasi, untuk dua bakal pasangan calon ini belum memenuhi syarat minimal dukungan,” ungkapnya, Selasa (4/6/2024).

Baca Juga :  Pria 31 Tahun di Teluk Bayur Meninggal Dunia Minum Racun

Kendati masih berstatus BMS, dua Bapaslon Bupati dan Wakil Bupati Berau itu masih diberikan kesempatan untuk melakukan perbaikan atas data-data yang dibutuhkan.

“Jadi, dimungkinkan yang belum memenuhi syarat ini dilakukan perbaikan dan penggantian sampai tanggal 7 Juni nanti,” ungkapnya.

Pasca perbaikan dan penggantian itu, pasangan calon dapat menyerahkan kembali syarat dukungan minimal yang dibutuhkan, agar dapat diverifikasi lebih lanjut.

Baca Juga :  Pria 31 Tahun di Teluk Bayur Meninggal Dunia Minum Racun

“Setelah itu tanggal 8-18 Juni itu verifikasi administrasi tahap pertama. Nanti setelah mereka masukan perbaikan, kita verifikasi lagi,” ucapnya.

Ditambahkannya, status BMS dua Bapaslon itu terjadi karena ada KTP yang tidak bisa dibaca.

“Berikutnya, ditemukan para pemilik KTP merupakan anggota TNI Polri yang masih aktif. Terus ada PNS yang belum pensiun. Kemudian ada yang masih di bawah umur 17 tahun. Itu BMS,” ujarnya.

Baca Juga :  Pria 31 Tahun di Teluk Bayur Meninggal Dunia Minum Racun

“Kalau yang tidak memenuhi syarat (TMS), ketika ada KTP luar Berau. Kemudian jika ada ganda eksternal. Misalnya, satu orang menjadi sepuluh. Maka sembilan TMS. Satu memungkinkan memenuhi syarat (MS),” pungkasnya.(*)

Reporter: Georgie

Editor: Ramli 

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
1992 votes

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *