Bawaslu Tarakan Lantik 20 PKD

benuanta.co.id, TARAKAN – Pelantikan 20 Pengawas Kelurahan Desa (PKD) yang dilaksanakan di Aula SMP Negeri 3 Kota Tarakan Kalimantan Utara (Kaltara), Ahad (2/6), dipandu Ketua Bawaslu Kota Tarakan Riswanto dan dihadiri Sekretaris Daerah (Sekda) Jamaludin dan tamu undangan.

Ketua Bawaslu Kota Tarakan, Riswanto menyatakan, hasil rekrutmen PKD di Tarakan berjalan dengan lancar dan jumlah sesuai kelurahan yang ada di Tarakan.

“Alhamdulillah pelaksanaan rekrutmen PKD untuk Pemilihan Tahun 2024 melalui Panwaslu Kecamatan berjalan lancar, Jumlah PKD yang di rekrut sebanyak 20 orang, sesuai dengan jumlah kelurahan yang ada,” ucap Riswan.

Baca Juga :  Ini 25 Anggota DPRD Bulungan Terpilih, Tinggal Tunggu Pelantikan 

Sedangkan yang pernah ikut dalam pemilu tahun lalu, dapat mengulang rekrutmen Pilkada tahun 2024 dan itu sebagai yang di prioritaskan.

“Dan ada beberapa yang kita prioritaskan pernah daftar ulang pemilu tahun lalu,” sambungnya.

Honor PKD Pilkada 2024, sesuai yang disebutkan dalam Surat Kementerian Keuangan Republik Indonesia Nomor S-715/MK.02 Tahun 2022, sebesar Rp 1.100.000 per orang setiap bulannya dalam masa kerjanya selama 7 bulan terhitung sejak bulan Juni.

Baca Juga :  Minta Satpol PP Tegas, DPRD Nunukan Soroti Reklame Calon Gubernur di Tiang PJU

Sementara itu, harapan dengan terpilihnya PKD yang sudah dilantik ini, dapat melaksanakan tugas dengan baik. PKD juga dituntut untuk segera memperkuat diri dengan pengetahuan dasar pengawasan.

“Ini sebagai ujung tombak tingkat kelurahan setiap wilayahnya masing-masing, harapannya mereka dapat menjaga marwah nama baik lembaga jelas netralitas, sesuai asas kepemiluan, tidak melanggar benar-benar dilakukan penuh rasa tanggung jawab penuh,” pungkasnya.(*)

Baca Juga :  KPU Tarakan Tetapkan Jumlah TPS Pemilukada

Reporter: Rewinda Karinata

Editor: Ramli

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
1937 votes

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *