Pembangunan Balai Latihan Kerja (BLK) Berproses di Kemnaker

TANJUNG SELOR – Dalam rangka mendorong peningkatan sumber daya manusia (SDM) yang unggul dan mumpuni, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Utara (Kaltara) berencana membangun Balai Latihan Kerja (BLK).

Kepala Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kaltara, H. Haerumuddin, SH., M.AP., melalui Kepala Seksi Pelatihan dan Produktivitas, Disnakertrans Kaltara, Jusman, S.Sos menyampaikan pembangunan BLK tahun 2024 dalam proses pengerjaan oleh Kementerian Ketenagakerjaan Republik Indonesia (Kemnaker RI), Rabu (29/5).

“Untuk lahan sudah ada dan pembangunan BLK masih di proses di Kementerian Ketenagakerjaan,” kata Jusman.

Pembangunan BLK oleh Kementerian Ketenagakerjaan telah dimulai dari tahun 2023 lalu dan Pemprov Kaltara sendiri sudah menyiapkan lahan untuk membangun BLK tersebut.

Baca Juga :  Silaturahmi ke Lapas Nunukan, Gubernur Kaltara Apresiasi Hasil Karya Warga Binaan

Ia menyampaikan, pembangunan gedung BLK Kaltara ini berlokasi di area Kota Baru Mandiri (KBM) dekat Kantor Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Kaltara, dengan luas lahan sebesar 5 hektare.

“Kemarin tahap proses sudah mencapai pemecahan sertifikat tanah, tinggal balik nama ke Kementerian, ada pergantian pegawai yang menangani sertifikat tanah akhirnya jadi tertunda,” bebernya.

Pada tahun 2023 proses pembangunan BLK sudah berjalan dengan membangun dinding pagar di mengelilingi lahan tersebut. Pada tahun 2024 menunggu proses lanjutan pelaksanaan dari Kemenaker RI.

Baca Juga :  Pemprov Apresiasi Pandangan Fraksi DPRD

Walaupun begitu, Jusman menyebutkan pembangunan BLK Kaltara sudah masuk dalam persetujuan Musyawarah Rencana Pembangunan Nasional (Musrenbangnas) sehingga ini menjadi salah satu prioritas utama pembangunan di Provinsi Kaltara.

“Nanti melalui pelatihan BLK Kaltara bisa menyiapkan tenaga kerja untuk 2 PSN KIHI dan Mentarang,” katanya.

“Kita harapkan BLK bisa segera dibangun, serta perlengkapannya, instruktur, peralatan pelatihan alatnya semua segera disiapkan jadi bisa meningkatkan kualitas SDM Kaltara,” sambungnya.

Sekadar informasi, rencana pembangunan BLK di Kaltara salah satunya sebagai upaya untuk menyiapkan SDM lokal Kaltara guna mengisi kebutuhan tenaga kerja di dalam Proyek Strategis Nasional (PSN).

Baca Juga :  Enam Peserta Bersaing dalam Pemilihan Duta Baca

Terdapat 2 PSN yang menjadi prioritas utama di Kaltara diantaranya Kawasan Industrial Hijau Indonesia (KIHI) di Tanah Kuning – Mangkupadi, Kecamatan Tanjung Palas Timur dan Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) Kayan di Kabupaten Bulungan, serta PLTA Mentarang Induk di Kabupaten Malinau.(dkisp)

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
1987 votes

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *