2.030 Warga Sambaliung Proses Terima Sertipikat Tanah Program PTSL

benuanta.co.id, BERAU – 2.030 dokumen atau berkas warga Kelurahan Sambaliung saat ini sedang berproses menerima sertipikat tanah Program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL).

Kepala Sub Bagian Tata Usaha ATR/BPN Berau Masronata Sitanggang mengatakan, PTSL di Bumi Batiwakkal selalu mendapat predikat jumlah paling banyak menerima manfaat.

“Di tahun kemarin kalau tidak salah itu jumlahnya hampir 17.200 dapat PTSL itu A1 terima sertifikat,” ucapnya, Kamis (30/5/2024).

Pemerintah Kabupaten Berau mengalokasikan melalui kementerian terkait sebanyak 16.800 PTSL.

“Dan di dalamnya Sambaliung wilayah yang kita lanjutkan. Dan 2023 lalu berkas yang sudah di proses sebanyak 2.030 jumlah yang besar setelah Gunung Tabur,” tuturnya.

Baca Juga :  Pembangunan Gapura dan Videotron KM 5 Berau Kembali Dilanjutkan

Masronata mengungkapkan penyerahan sertifikat tanah PTSL tidak bisa terkondisikan karena jumlah penerima yang sangat banyak.

“Yaitu tadi karena menyangkut tempat. Dan tetapi kami coba kondisikan 10 secara simbolis. Tetapi pada sesi berikutnya kami akan menyerahkan sisanya,” imbuhnya.

Selain itu, dirinya mengimbau kepada penerima sertifikat tanah PTSL tidak perlu khawatir.

“2.030 sertifikat tanah PTSL boleh dikatakan kalau secara KKP atau secara administrasi itu sudah proses finishing dan kami berkomitmen bisa cepat selesai paling lambat bulan September mendatang,” jelasnya.

Baca Juga :  8 Aksi Konvergensi untuk Percepatan Penurunan Stunting

Sementara itu, Lurah Sambaliung Iskandar Zulkarnain menambahkan, ada 300 sertifikat tanah Program PTSL yang kini tersedia untuk masyarakat Kelurahan Sambaliung.

“Hari ini disediakan sebanyak 50 sampai 60 sertifikat untuk masyarakat hadir di kantor Lurah Sambaliung orangnya sudah kita panggil semua yang menerima manfaat,” tuturnya.

Dirinya berharap dari 2.030 penerimaan manfaat sertifikat tanah program PTSL dari ATR BPN Kabupaten Berau secara bertahap bisa terdistribusi semua.

“Untuk di Kelurahan Sambaliung ada 2.030 berkas kami juga berharap program ini bisa berlanjut selama 2024,” jelasnya.

Baca Juga :  Madri Pani Resmi Dapat Mandat dari DPP Nasdem

Program sertifikat tanah PTSL sangat bermanfaat untuk masyarakat Kabupaten Berau.

“Karena warga kita selama ini merasa kesulitan dalam mengurus sertifikat. Kesan-kesan yang dulu sangat susah. Dan alhamdulillah hari ini kita balik kesannya sangat mudah,” pungkasnya.(*)

Reporter: Georgie

Editor: Ramli

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
1910 votes

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *